Instagram Kini Sudah Bisa Zoom

101
ilustrasi.net

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Penggunaan sosial media kini sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi generasi milenia. Penggunaannyapun bisa untuk berbagai kepentingan, mulai dari sekedar kesenangan hingga untuk tujuan bisnis dan ekonomi. Bahkan keberhasilan Jokowi memenangkan kontestasi pemilu 2014 juga tidak bisa dilepaskan dari keberhasilannya memaksimalkan sosial media.

Pasca booming facebook di era 2010-an, jumlah social media bertambah sangat signifikan. Banyak yang datang, tidak sedikit juga yang akhirnya tenggelam ditelan persaingan. Friendster yang sempat berjaya di awal populernya sosmed, kini justru sudah tinggal sejarah.

Salah satu sosial media yang masih berhasil bertahan adalah Instagram. Sosial media untuk berbagi gambar dan video ini bahkan terbilang masih cukup populer bagi pengguna di kota Pontianak. Namun Instagram tidak bisa jumawa. Dikutip dari laporan yang dibuat oleh Tech Insider pada juni 2016 lalu, jumlah gambar dan video yang diupload oleh para pengguna Instagram terus menurun.

Karenanya Instagram terus berbenah. Setelah mengumumkan tombol penerjemah bahasa asing di layanannya pada juli kemarin, memasuki september ini Instagram hadir dengan terobosan baru yakni adanya fasilitas untuk zoom in dan zoom out. Sebelumnya gambar dan video yang ada di Instagram hanya bisa dilihat tanpa bisa diperbesar.

Ini disampaikan langsung pihak Instagram di akun resminya pada Rabu (31/8) kemarin. “Dimulai hari ini, anda bisa untuk memperbesar gambar dan video di beranda, profil, ataupun penjelajahan,” tulis penjelasan tersebut.

Dituliskan pula bahwa perbaikan dan inovasi akan selalu menjadi bagian penting dari Instagram, “Sekitar hampir enam bulan ini, anda melihat sendiri bagaimana perubahan-perubahan menarik terjadi di Instagram, mulai dari logo baru, video yang lebih panjang dan sebuah cara baru untuk berbagi momen dengan Instagram Stories,” tulisnya.

Di akhir tulisan tersebut disampaikan bahwa untuk sementara ini fitur zoom tersebut belum bisa digunakan semua gawai, “Zoom sudah bisa digunakan pengguna instagram di iOS. Zoom baru akan bisa digunakan para pengguna Android dalam beberapa pekan kedepan,” janjinya.

Khairuman, 29, salah seorang pengguna iOS membenarkan adanya fasilitas zoom tersebut di Instagramnya. Untuk menggunakan fasilitas tersebut cukup menggerakkan dua jari di layar smartphone dan menahannya. Apabila jari dilepas, gambar akan kembali seperti semula.

Meski mengaku bukan pengguna aktif Instagram, pengajar di SMKN 5 Pontianak itu menyambut positif hal tersebut. Menurutnya fitur ini akan lebih memudahkan para pengguna untuk menikmati foto yang memiliki detail tinggi.

Senada diungkapkan Wahyu, 16, yang juga menyambut positif fitur baru tersebut. Meski sebagai pengguna Android dan belum menikmati fitur tersebut, ia mengaku senang. Wahyu yang sekarang sedang berstatus mahasiswa baru di fakultas Tekhnik UNTAN itu berharap agar fitur tersebut bisa segera digunakan para pengguna Android, “Baru dengar, baguslah, jadi bisa diperbesar, bisa banyak yang dilihat,” ujarnya.

Sambutan bernada positif juga disampaikan Taufik Arif, 29, salah seorang pehobi fotografi. Ia menilai sudah seharusnya Instagram menyediakan fitur tersebut. “Harusnya dari dulu, soalnya inikan sosmed berbagi gambar, jadi fitur zoom sudah seharusnya ada,” jelasnya. Meski ia juga mengaku sebagai pengguna Android dan belum mencoba sendiri fasilitas tersebut namun paling tidak memberikan pilihan lebih luas untuk memilih mana foto yang di unggah, “Belom tahu apakah nanti resolusi juga akan tajam, karena takutnya dikompres, jadinya di zoom pun percuma,” ungkapnya. Tapi Taufik mengaku resolusi bukan satu-satunya yang menentukan gambar itu bagus atau tidak, “Selama ini sih kalau di instagram, resolusi ndak terlalu jadi persoalan, yang penting ndak terlalu kecil jak,” pungkasnya.

 

Laporan: Iman Santosa

Editor: Kiram Akbar