Inspektorat Evaluasi SKPD Secara Berkala

123

eQuator – Pemkab Kubu Raya terus berusaha meningkatkan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Salah satu upaya yang dilakukan, mendorong peningkatan kualitas SKPD, dengan melakukan evaluasi berkala hasil pengawasan Inspektorat Kubu Raya.

“Secara umum memang masih banyak temuan atau rekomendasi yang kami berikan kepada sebagian besar SKPD. Namun rata-rata temuan tersebut berupa kesalahan administrasi,” kata Damhuri, Kepala Inspektorat Kabupaten Kubu Raya, kemarin.

Karena sudah mengevaluasi dan memberikan rekomendasi atas pekerjaan yang harus diperbaiki, Damhuri berharap setiap instansi segera menindaklanjuti untuk memperbaiki rekomendasi yang telah diberikan.

“Untuk hasil temuan rekomendasi tahun 2014 lalu, kami berikan waktu hingga akhir Desember 2015 sudah rampung diperbaiki,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Kubu Raya, Drs Hermanus MSi mengapresiasai evaluasi Inspektorat yang memantau dan mengevaluasi hasil kerja setiap SKPD. “Tahun ini evaluasi pengawasan hanya kami lakukan satu kali dalam setahun. Ke depan kami akan mengupayakan untuk meningkatkan penyelenggaraan evaluasi ini berkala. Setidaknya menjadi dua kali dalam setahun,” papar Hermanus.

Salah satu dampak positif dari evaluasi tersebut, bisa memacu kinreja jajaran Pemkab Kubu Raya agar bekerja lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan data hasil pemeriksaan Inspekorat Kubu Raya sejak 2010 hingga 2014, jumlah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sebanyak 1.655 rekomendasi dan telah ditindaklanjuti sebanyak 1.244 rekomendasi. “Artinya masih tersisa 411 atau sekitar 24,83 persen yang belum ditindaklanjuti,” jelas Hermanus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here