Inkopkar Jual Gula Murah di Pontianak

Jelang Natal dan Tahun Baru

192
Ilustrasi-NET

eQUator – Jakarta-RK. Induk Koperasi Kartika (Inkopkar) menggelar serangkaian operasi pasar (OP) di berbagai kota seiring semakin dekatnya Natal dan Tahun Baru. Jumat (4/12), Inkopkar yang sebelumnya bernama Induk Koperasi Angkatan Darat (Inkopad) menggelar operasi pasar untuk menjual gula murah di Kota Pontianak, Provinsi Kalbar dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam catatan Inkopkar, saat ini persediaan gula di Kota Pontianak sudah semakin menipis. Akibatnya, harganya pun terus merangkak naik.

Harga jual gula di Kota Pontianak dibanderol Rp11.000 per kilogram. Sedangkan di luar Pontianak, harganya bisa mencapai Rp12.000 per kg.

Tentu saja operasi pasar gula murah itu disambut warga Pontianak dan sekitarnya. Fatimah, warga Desa Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Pontianak mengaku sangat terbantu dengan OP gula murah yang digelar Inkopkar tersebut.

Dengan harga di bawah eceran, katanya, kualitas gula dari Inkopkar itu juga bagus. “Kita senang. Kalau ada lagi, saya pasti akan beli,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Inkopkar, Brigjen TNI Felix Hutabarat mengaku, telah menggandeng sejumlah distributor gula di 21 provinsi untuk menggelar OP. Menurutnya, sejauh ini sudah 68,358 ton gula yang disalurkan melalui OP Inkopkar.

Felix menjelaskan, OP itu sengaja menyasar daerah di luar Pulau Jawa. “Fokus OP adalah daerah-daerah di luar Pulau Jawa yang mengalami kenaikan harga,” ujarnya.

Sedangkan pengusaha gula, Budi Hartono‎ memperkirakan harga gula di Kalbar bakal menanjak hingga Rp1000-Rp1.500 per kg. Sebab, produksi gula nasional memang sedang menurun.

“Sehingga dampaknya terasa hingga ke daerah, termasuk Kalbar,” kata bos PT Agro Abadi itu. (JPNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here