Ini Penyebab Angin Kencang Hantam Pontianak

275
Ilustrasi Awan Cumulonimbus (foto:net)

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Cuaca ekstrim yang membuat Kota Pontianak diterbangkan hujan deras, angin kencang yang membuat pohon, barang, tiang listrik bertumbangan. Ternyata disebabkan munculnya awan cumulonimbus yang sangat besar.

Sutikno Kasi Data dan Informasi BMKG Kalbar memaparkan,  awan cumulonimbus yang muncul itu tepat di wilayah sebelah barat (laut) Kalbar. Di mana awan ini memanjang dari Kabupaten Kayong Utara, Kubu Raya, Kota Pontianak, Mempawah dan Bengkayang. “Saat itu awan ini juga dengan cepat menuju ke arah pesisir Kalbar (Kayong Utara – Bengkayang),”kata Sutikno.

“Cepatnya bergerak awan cumulonimbus ini disertai juga kencangnya angin di permukaan bumi di pesisir kalbar,” sambungnya.

Dijelaskannya pula, awan ini terus bergerak menuju sambas, sanggau, sekadau, sintang hingga kapuas hulu, bahkan sampai kalimantan timur. “Dan sekarang awan cumulonimbus  menuju ke sulawesi. Namun dampak yang diakibatkan ternyata berbeda,”katanya.

“Dampaknya pun masih ada, Jika di pesisir Kalbar lebih ke angin kencangnya, namun di Kalbar bagian timur  adalah hujan intensitas sedang,” tutupnya. (Zrn)