Indahnya Nusantara

12
Film Negeri Dongen
Film Negeri Dongeng

eQuator.co.id – Akhir September, film Negeri Dongeng dijadwalkan tayang serentak. Selaku sutradara, penulis dan pemeran dalam film dokumenter bergenre petualangan ini, Anggi Frisca ingin menunjukkan betapa indahnya Nusantara dilihat dari tujuh puncak gunung tertinggi se-Indonesia.

Sebelumnya seperti dikutip dari mbahsinopsis, tanggal 17 Agustus telah dilakukan penayangan special screening di berbagai kota di Indonesia dengan tagline, “7 Ekspeditor, 7 Mata Kamera, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia.” Film yang diproduseri Chandra Sembiring—seorang dokter yang menyalurkan kecintaannya terhadap Tanah Air dengan menjadi produser film yang mengangkat keindahan Indonesia—mengajak anak muda untuk menjelajahi Indonesia.

Film produksi Aksa7 ini menghadirkan 67 public figure sebagai guest expeditor yang turut dalam tiap ekspedisi, diantaranya adalah Nadine Chandrawinata, Medina Kamil dan Matthew Tandioputra yang merupakan seorang pendaki termuda yang telah menyelesaikan 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Pendakian dibagi menjadi beberapa periode dan berlangsung selama hampir 2 tahun. Pendakian pertama dimulai pada bulan November 2014 menuju Gunung Kerinci, Desember 2014 untuk Gunung Semeru, Januari 2015 untuk Gunung Rinjani, Februari 2015 untuk Gunung Bukit Raya, Mei 2015 untuk Gunung Rantemario, dan November 2015 untuk Gunung Binaiya. Ditutup dengan pendakian ke Gunung Cartenz, Papua, yang termasuk dalam seven summit dunia pada April 2016.

Pengambilan gambar film merupakan dokumentasi kejadian nyata yang dialami selama kegiatan ekspedisi berlangsung. Sisi menarik yang dapat disaksikan adalah melihat lebih dekat kehidupan masyarakat pegunungan, serta proses interaksi personal antar tim ekspedisi demi mencapai ke-7 puncak gunung yang didaki.

Negeri Dongeng mengangkat tema sebuah film mengenai perjalanan melihat Indonesia, melihat sahabat dan rekan-rekan seperjalanan, dan juga melihat diri sendiri. Film ini berkisah mengenai 7 sineas muda Indonesia yang mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Nusantara berbekal 7 buah kamera bersama-sama.

Perjalanan panjang membuat mereka mengupas cerita pada setiap tempat yang disinggahi. Beragam emosi berkecamuk dalam perjalanan. Pertemuan dengan orang-orang baru selama penjelajahan darat, laut, dan udara.

Setiap potongan kisahnya akan memperlihatkan betapa Indonesia begitu kaya dan luas untuk dijelajahi bersama-sama. Dan di ujung perjalanan itu, kita akan menemukan arti sebuah perjalanan. (ms)