Ilham Mahardika/Pedagang Batu Mulia, Setiap Bertransaksi Konsumen Bakal Mendapatkan Bonus Batu, Ayo Buruan…

146
Ilham Mahardika/Pedagang Batu Mulia

eQuator.co.id – Ilham Mahardika, ditengah kesibukannya menjadi pegawai swasta di perusahaan jasa pengisian kas ATM Bank Mandiri, ternyata masih menyempatkan waktu luangnya untuk membuka usaha penjualan cincin batu mulia. Bagaimana caranya?

Menurut pria kelahiran Pontianak, 2 Oktober 1986 ini, kemajuan teknologi dan kehadiran internet saat ini hampir membuat segalanya menjadi mungkin dan mudah. Tak terkecuali dalam soal memanajemen waktu.

Hanya dengan menggunakan gadget dan jaringan internet ditangannya, Ilham bisa melakukan transaksi jual beli hingga jutaan rupiah per bulan, di mana pun serta kapan pun.

Tak perlu repot membuat website atau blog sendiri, alumnus SMK Teknik Mesin ini cukup membuka lapak di Bukalapak.com atau lengkapnya di: www.bukalapak.com/Ilhammahardika.

Lebih lanjut seperti apa usaha yang dilakoni Ilham, berikut wawancara selengkapnya bersama Rakyat Kalbar;

+Secara umum, sejak kapan dan apa yang memotivasi Anda terjun ke dunia usaha?

-Saya berjualan di Bukalapak sejak setahun yang lalu. Kebetulan saya dan ayah sama-sama senang mengoleksi batu akik dan permata.

+Bagaimana awalnya Anda membaca peluang pasar menggunakan media online?

-Saya dari awal sampai sekarang memilih bekerja sebagai karyawan kantor saja. Kalau jualan online kan gak mesti juga dihadapin terus dan juga Bukalapak sangat memberikan banyak kemudahan. Seperti contohnya, kalau ada pembeli yang kirim pesan ke kita, akan ada konfirmasinya melalui HP. Jadi bisa langsung dijawab. Begitu juga kalau ada transaksi, kita gak perlu harus buka webnya dulu, karena Bukalapak akan langsung kasi perintah “kirim barang” lewat HP kita setiap ada transaksi.

+Bagaimana prosesnya Anda akhirnya membuka lapak di Bukalapak?

-Awal saya bergabung di Bukalapak juga gak ada yang ngajakin seperti sekarang. Saya juga belajar otodidak, baca-baca panduan dari Bukalapaknya sendiri. Tapi dari awal juga Bukalapak sudah banyak ngasi kemudahan bagi penjual dan pembeli. Jadi saat pertama saya berjualan dan jualan saya dibeli sama buyer. Itu sudah gak masalah karena sudah dipandu dari awal sama Bukalapaknya. Nah lapak saya di: www.bukalapak.com/Ilhammahardika. Silahkan kalau mau lihat-lihat. Banyak variannya.

+Dari mana Anda mendapatkan semua batu-batu ini. Apakah Anda memproduksinya sendiri?

-Enggak, saya juga beli di Jakarta dan saya poles ulang. Saya modifikasi sedikit dan saya jual kembali. Bisa dibilang seperti reseller. Kadang saya ganti ikatannya dengan yang kualitas bagus dan disesuaikan dengan bentuk dan warna batunya.

+Apa yang membedakan lapak Anda dengan lainnya?

-Kalau bicara masalah nama toko mungkin bisa dibilang saya plus minus saja dengan toko lainnya. Tapi saya selalu berimprovisasi, dalam hal pelayanan. Setiap kali pembeli bertransaksi di toko saya akan dipastikan semua mendapatkan bonus batu. Tidak terbatas seberapa besar transaksinya, tetap saya kasi bonus.

+Bagaimana caranya konsumen membeli batu-batu Anda ini?

-Kalau masalah cara bertransaksi bisa coba buat akun dulu, melalui link ini http://bukl.pk/daftar-ilh. Setelah itu akan ada otomatis panduan dari Bukalapaknya, baik sebagai penjual atau sebagai pembeli akan ada panduan praktisnya.

Kalau statusnya masih “sebagai peminat” kita belum bisa berkomunikasi dengan pembeli tersebut. Kita hanya dapat berkomunikasi melalui fitur chat dengan pembeli jika pembeli tersebut bertanya mengenai harga atau produk yang kita jual, biasanya terjadi tawar menawar di situ.

+Berapa rata-rata omzet yang Anda hasilkan per bulan?

-Kalau omzet bisa naik-turun. Berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp3 jutaan per bulan. Karena produk yang saya jual itu sifatnya musiman dan termasuk kategori “hobi”.

Reporter: Fikri Akbar

Redaktur: Andry Soe