Honorer Berhati Malaikat

Ivan Suryadi

99
GRATIS. Honorer RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau, Ivan Suryadi melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di kediamannya, Gg Beragah No.23, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kamis (10/11) malam. Andreas-RK

eQuator.co.id – PutussibauRK. Sejak hampir dua bulan terakhir, warga silih berganti mendatangi rumah No.23 di Gg Beragah, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.

Warga tersebut datang untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis kepada si empunya rumah, Asisten Dokter Bedah Kamar Operasi RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau, Ivan Suryadi AMk SKM.

“Warga bisa memeriksakan gula darahnya, kolesterol, asam urat, tensi dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” kata Ivan ditemui di kediamannya, Kamis (10/11).

Pria kelahiran Nanga Bunut, Kecamatan Bunut Hilir 26 tahun silam ini sengaja membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis di rumahnya. Sebagai bentuk kepeduliannya kepada kesehatan masyarakat.

“Saya sangat senang dapat membantu sesama dengan keterbatasan saya. Saya ini kalau hitungan gaji, tidak akan mampu untuk berbagi, maklumlah hanya pegawai honor,” kata Ivan.

Sejak masih di bangku kuliah, Ivan memang sudah didoktrin harus membantu sesama, terutama masyarakat yang membutuhkan. “Saya merasa puas ketika bisa melayani masyarakat dengan ilmu kesehatan yang pernah saya dapat semasa kuliah dulu,” ucapnya.

Selain terus berupaya memberikan pelayanan pemeriksaan secara gratis kepada masyarakat di sekitar kediamannya, Ivan sangat berharap, pemerintah lebih fokus meningkatkan pelayanan kesehatan. Apalagi di Kabupaten Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

“Sehat itu mahal, sekaya apapun kita, jika sudah sakit-sakitan tidak ada gunanya. Makanya, ke depannya pelayanan kesehatan kita harus lebih baik dari negara tetangga, Malaysia,” harap Ivan.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan Ivan di kediamannya ini, mendapatkan sambutan positif dari warga sekitarnya. Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang kian sulit seperti sekarang.

Salah seorang warga Kelurahan Hilir Kantor, Helena mengaku sering memeriksakan tensi darahnya kepada Ivan. “Kadang-kadang, saya tidak enak juga sering minta periksa tetapi tidak bayar,” katanya.

Sebenarnya Helena ingin membayar Ivan yang rela meluangkan waktunya untuk memberikan pemeriksaan kesehatan. “Saya serba salah jua, karena mau bayar, tetapi dia (Ivan, red) tidak mau. Terkadang saya menyiasatinya dengan memberikan dia buah mangga,” ucapnya.

Kedermawanan Ivan ternyata bukan hanya didengar warga di sekitar kediamannya. Warga Kecamatan Putussibau Selatan pun rela menyeberangi Sungai Kapuas untuk datang ke rumah honorer di Putussibau Utara tersebut.

Nurhayati misalnya. Warga Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan ini mengaku sangat terbantu dengan pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan Ivan Suryadi.

Tetapi Nurhayati begitu menyadari, kalau Ivan Suryadi tersebut hanya seorang honorer di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau yang tentunya mendapat gaji yang tidak seberapa. “Meski gratis, kita tetap tinggalkan uang, karena beliau kan harus beli alat-alat yang sudah terpakai oleh kita sebagai pasien,” tuturnya.

Perempuan yang akrab disapa Nur ini menilai, di tengah perekonomian sulit seperti sekarang ini, masyarakat tentunya sangat terbantu jika pelayanan pemeriksaan gratis seperti ini. “Kalau kita periksa ke dokter kan memerlukan biaya yang besar,” tutupnya.

 

Laporan: Andreas

Editor: Mordiadi