Heboh Video Ultah Ahok

22
HOAX

eQuator.co.id – VIDEO Basuki Tjahaja Purnama terlihat surprise karena banyak orang yang merayakan ulang tahunnya di sebuah ruangan beredar luas Minggu (1/7). Banyak yang mengira video itu merupakan ulang tahun Ahok di dalam tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Seperti biasa, mereka yang belum bisa move on dari sengkarut pilkada DKI pada 2017 kembali menebar kebencian lewat komentar-komentarnya. Misalnya, akun Facebook Maria Marcedes (fb.com/100026471730108) berikut ini.

’’AHOK ULTAH DIRAYAKAN MANUSIA BERTOPENG. PA KABAR KOH HOK HOK…? TOPENG adalah sebuah benda yang digunakan untuk menutupi wajah asli dengan wajah palsu. Itu saja kita sudah faham siapa di bslik manusia manusia bertopeng itu…? Adakah si anu…anu ada di antara manusia di balik topeng itu?,’’ tulis akun Maria Mercedes pada Minggu pagi, 1 Juli 2018.

Posting-an Maria Mercedes tersebut telah mengalami beberapa kekeliruan. Pertama, video yang menyebutkan Ahok merayakan ulang tahun bersama orang-orang bertopeng itu terjadi pada 2014. Saat itu Ahok yang genap berusia 48 tahun tengah mendapatkan kejutan dari staf dan jurnalis yang bertugas di balai kota. Dokumentasinya bisa Anda lihat di video berikut ini, bit.ly/HoaxUltahAhok.

Dalam posting-an Maria Mercedes, ada seorang polwan yang berfoto dengan kue ulang tahun bergambar Ahok. Kue itu memang berasal dari pendukung Ahok yang dibawa ke Mako Brimob. Namun, mereka tidak bisa merayakan ulang tahun bersama idolanya di dalam tahanan Mako Brimob. Hanya keluarga dekat yang terdaftar yang bisa menemui Ahok.

Pemberian kue ulang tahun seperti itu menurut aturan memang tidak dilarang. Jawa Pos pernah menurunkan tulisan tentang perayaan ulang tahun mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin di penjara pada 1 September 2015. Kepala Rutan Salemba Gun Gun Gunawan mengatakan, sesuai aturan, tahanan boleh mendapat kunjungan dan dibawakan roti. (Jawa Pos/JPG)