Harus Cinta Sehat

266
HKN. Upacara Peringatan HKN ke-51 di halaman Akademi Gizi SDM Singkawang di Jalan Latsitarda, Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis (12/11) pagi. Mordiadi-RK

eQuator – SINGKAWANG-RK. Seluruh masyarakat mesti mencintai kesehatan, dengan membiasakan hidup sehat serta bertanggungjawab untuk menjaga diri, keluarga, dan lingkungannya, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.
“Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia. Sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya, sejak usia dini hingga lanjut usia, harus cinta sehat,” kata Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Singkawang ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di halaman Akademi Gizi SDM Singkawang, Kamis (12/11) pagi.
Bandar mengatakan, peringatan HKN tahun ini yang mengusung tema “Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri “, menjadi momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk bangkit dan mulai meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif menuju semangat preventif dan promotif. “Pesan utama, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit,” ujarnya.
Tema peringatan HKN tahun ini, menurut Bandar, harus dimaknai secara lebih luas, yaitu pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat. “PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) hendaknya ditanamkan sejak usia dini, agar tumbuh mengakar menjadi budaya bangsa Indonesia,” paparnya.
Akselerasi pembangunan kesehatan yang optimal, tambah dia, dapat dicapai dengan kerjasama berbagai elemen, baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha, termasuk jajaran kesehatan.
“Jajaran kesehatan juga hendaknya dapat menumbuhkan budaya birokrasi yang profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan memiliki kredibilitas yang didasari etika, serta integritas pengabdian yang tinggi,” tutup Bandar.

Laporan: Mordiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here