Hari Pertama Sekolah Guru dan Siswa Tambah Libur

126
Emi Inen

eQuator – Ngabang-RK. Hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang Natal dan tahun baru khususnya di Kota Ngabang, masih ada saja guru dan peserta didik yang menambah libur. Hal ini diakui diakui sejumlah kepala sekolah.

“Memang ada peserta didik yang tidak masuk sekolah di hari pertama ini. Demikian juga dengan para guru ada yang tidak masuk sekolah karena sakit,” kata Kepala SMPN 2 Ngabang, Emi Inen, Senin (4/1).

Padahal kata dia, sebelum memasuki libur panjang Natal dan tahun baru serta libur usai pembagian raport, ia sudah menginformasikan ke seluruh peserta didik dan para guru harus masuk sekolah usai libur panjang, kecuali sakit dan izin.
“Memang ada guru yang mengajukan izin. Namun untuk peserta didik sendiri ada yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan. Kalau tidak ada keterangan, jelas kita alpakan. Kitapun meminta wali kelas untuk memantau siswanya di kelas. Di hari pertama masuk sekolah inipun kami sudah melaksanakan aktivitas belajar mengajar,” bebernya.
Lain halnya di SMPN 1 Ngabang. Kepsek SMPN 1 Ngabang, V. Singlip mengakui di hari pertama masuk sekolah ini semua guru masuk sekolah, kecuali yang mengambil cuti.
“Kita sebelumnya sudah menghimbau kepada para guru dan peserta didik untuk masuk sekolah usai libur panjang ini. Dari dulupun setiap selesai libur panjang, semua guru masuk semua,” aku Singlip.
Demikian juga dengan para peserta didik di SMPN 1 Ngabang, ia mengaku semua peserta didik sudah masuk sekolah dihari pertama sekolah kemarin. “Kita juga ada aturan, kalau peserta didik nambah libur satu hari, kita tambah sanksi dua hari libur lagi dan kita hitung alpa. Kalau dua hari menambah libur, misalnya hari ini (kemarin) atau besok (hari ini,), peserta didik bersangkutan tidak boleh masuk sekolah selama satu minggu,” tegasnya.
Ia menambahkan, memang ada peserta didik yang mengajukan izin di hari pertama masuk sekolah kemarin. “Tapi izinnya memang diajukan oleh orangtua peserta didik bersangkutan. Namun kalau izinnya disampaikan siswa bersangkutan, tetap tidak kita izinkan. Selain itu, untuk proses belajar mengajar belum begitu aktif. Sebab, kita masih menyusun jadwal baru. Pulang sekolahpun seperti biasanya,” jelas Singlip.
Sementara itu, Kepsek SMAN 1 Ngabang, Thomas Edison mengaku semua guru dan para peserta didik sudah masuk sekolah dihari pertama sekolah ini, kecuali yang sakit.
“Sebelum libur panjangpun sudah kita arahkan dan sesuai arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Landak bahwa tanggal 4, hari ini tidak ada lagi siswa atau guru yang nambah libur, kecuali sakit. Selain itu, tidak ada kata izin, sebab libur sudah panjang,” jelasnya.

 

Reporter: Antonius

Editor: Kiram Akbar