Guru Sangat Berperan Cegah Narkoba

205
ilustrasi

eQuator – Mempawah. Edukasi yang diberikan guru sangat berpengaruh mengubah pola pikir siswa agar berperilaku positif. Begitu pula dalam mencegah peredaran narkoba di lingkungan sekolah, suritauladan para pendidik sangat menentukan.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mempawah, AKBP H Abdul Haris Daulay SH mengaku bangga melihat semangat dan kepedulian guru terhadap pencegahan dan penanggulangan narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat. Daulay kagum, para guru antusias menjalani tes urine saat BNN menggelar Program Fasilitasi Pemberdayaan Lingkungan Kerja Swasta dan Pemerintah Bebas Narkoba di SMAN 1 Mempawah, belum lama ini. Setelah menjalani tes, sebanyak 44 guru dan staf Tata Usaha SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Mempawah Hilir dinyatakan bersih dari narkoba. “Apa yang dilakukan para guru ini tentu bisa menjadi contoh bagi peserta didik. Gurunya saja berkomitmen dan semangat menolak narkoba, para pelajar juga harus seperti itu. Pelajar harus memiliki semangat untuk mencegah masuknya narkoba, baik di sekolah, rumah, maupun lingkungan sekitar,” katanya.

Terkait pencegahan narkoba di lingkungan pendidikan, Daulay menilai, peran guru sebagai perpanjangan tangan BNN memiliki arti yang penting. Tanpa dukungan guru dan kepala sekolah, sulit bagi BNN mewujudkan lingkungan belajar mengajar yang terbebas dari barang terlarang tersebut. “Kita ini sama-sama peduli pada kelangsungan generasi muda bangsa. Kami di BNN tentu siap membantu para guru memberikan edukasi kepada pelajar, khususnya menyangkut tentang bahaya narkoba,” tegasnya. (sky)