Gudang Kopra Nyaris Hangus

Toko Bangunan Ludes Terbakar

76
BERJIBAKU. Petugas BPKS menyemprotkan air saat memadamkan api di tungku pengeringan gudang kopra di Jalan Ratu Sepudak, Sungai Bulan, Singkawang Utara, Jumat (31/3). SUHENDRA

eQuator.co.idSingkawang-RK. Gudang kopra miik Sehat Marjuni Halim alias Akong  di Jalan Ratu Sepudak, tepatnya depan Kantor Samsat, Kelurahan Sungai Bulan, Singkawang Utara nyaris ludes terbakar. Tungku pembakaran sudah mengeluarkan asap tebal, Jumat (31/3) pukul 11.10.

Munculnya api dan asap tebal di gudang kopra itu membuat panit karyawan dan warga. Beruntung petugas BPKS Singkawang cepat datang, pabrik kopra dan minyak goreng kelapa itu bisa diselamatkan.

“Dugaan api berasal dari tungku pengeringan kopra. Lantaran suhu yang terlalu panas, karena ada ampas kopra, maka menimbulkan asap tebal. Namun api segera dipadamkan hampir menjelang pukul 12.00,” ujar Kapolsek Singkawang Utara, Iptu Joko Santoso.

Menurut Joko, beruntung para petugas Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) di Kota Singkawang merespon cepat dan langsung datang ke lokasi. Delapan unit kendaraan dikerahkan sehingga tidak menimbulkan kerugian besar. “Korban jiwa nihil, sedangkan kerugian materi sekitar Rp15 juta. Kopra yang sudah kering menjadi basah disemprot air saat dilakukan pemadaman,” katanya.

Gunawan, satu diantara saksi mata mengatakan, saat itu dirinya baru saja sampai ke gudang kopra usai membawa kelapa dari Jawai, Sambas. “Ketika dilihat ada api, dan karyawan saat itu dalam kondisi istirahat, lalu saya beritahu ada kebakaran dan kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran,” ujarnya. Pantauan Rakyat Kalbar, petugas BPKS cukup ramai berjibaku memadamkan api.

Toko Banggunan Terbakar

Di Kubu Raya, Toko Bangunan Sinar Jaya Mebel di Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya Ludes terbakar. Puluhan petugas pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan api, Kamis (30/3).

Api muncul sekitar pukul 05.30 dan terus membesar, membakar seluruh bangunan toko. Api baru dapat dipadamkan setelah dua jam kemudian.

Roni saksi mata di TKP mengungkapkan, sekitar pukul 05.30 mendengar warga ribut di luar rumahnya sambil teriak meminta tolong. “Dengar teriakan, saya keluar rumah dan melihat toko korban sudah berasap,” kata Roni.

Dia menuturkan asap itu muncul dari belakang toko bangunan. Tidak lama kemudian muncul api yang sedikit demi sedikit membesar. “Warga semakin panik dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” ucapnya.

Upaya itu tidak membuahkan hasil. Api semakin membesar hingga membakar seluruh bagin toko bangunan. “Kebakaran  dapat diatasi, setelah dua jam pemadaman,” tuturnya.

Dari pantauan Rakyat Kalbar, bagian bawah toko beserta matrial bangunan hangus terbakar. Tak ada satu pun yang dapat diselamatkan. Dalam kasus kebakaran itu, tidak ada korban jiwa.

Kapolsek Sungai Raya, AKP Haryanto mengatakan, usai api berhasil dipadamkan, dirinya telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. “Saksi dan pemilik toko sudah kami mintai keterangan,” ungkap Haryanto.

Haryanto menjelaskan, dari keterangan saksi, saat kejadian toko dalam keadaan tidak ada orang. “Jadi dalam kebakaran ini, tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Pemilik toko bangunan Sinar Jaya Mebel mengaku kerugian materil hingga ratusan juta rupiah. Semua material bangunan yang berada di ruang bawah tak ada yang dapat diselamatkan.

“Keterangan dari saksi dan korban ini masih akan kami dalami. Lokasi kebakaran juga akan diperiksa untuk mencari penyebab munculnya api,” ucap Kapolsek. (hen/zrn)