Gubernur Ajak Astakindo-Asperindo Bersinergi Bangun Kalbar

239
FOTO BERSAMA. Foto bersama usai pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Astakindo dan DPP Asperindo Kalbar di Ballroom lantai 4 Hotel Harris Jalan Gadjah Mada, Sabtu (27/2). Fikri Akbar-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Musyawarah Provinsi (Musprov) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (Astakindo) Kalbar dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Perusahaan Indonesia (Asperindo) Kalbar, sukses digelar pada Sabtu (27/2) kemarin. Pada kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom lantai 4 Hotel Harris Jalan Gadjah Mada, Kota Pontianak ini, Gubernur Kalbar mengajak Astakindo-Asperindo Bersinergi Bangun Kalbar.

Musprov ke-I tahun 2016 DPD Astakindo dan DPP Asperindo ini, tak hanya dihadiri oleh para pengurus 14 kabupaten/kota serta dari banyak kalangan asosiasi dan organisasi, namun juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Astakindo H Bukhari Muslim dan Ketum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asperindo, M Soleh Thahir. Hadir pula sejumlah pejabat berkompeten dari Pemerintah Provinsi Kalbar dan LPJKD.

Gubernur Kalbar, Cornelis dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Staf Ahli Setda Kalbar Bidang Ekonomi dan Keuangan Provinsi Kalbar, Yusri Zainuddin menyampaikan dengan lahirnya dua asosiasi yang baru saja dikukuhkan kepengurusannya itu menjadi gambaran bahwa semakin bergairahnya dunia konstruksi di Kalbar. “Sebagai mitra strategis pemerintah daerah, saya yakin kedua asosiasi ini mampu menciptakan iklim usaha konstruksi yang kondusif, serta senantiasa mengedepankan profesionalisme untuk dapat ikut berperan dalam pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.

Gubernur pun berharap, kedua asosiasi ini dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga terkait, termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk memajukan konstruksi di Kalbar. “Karena itu, saya berharap Musprov ini mampu menghasilkan para pengurus yang handal dan tangguh, yang dapat membawa asosiasi ini berperan aktif dalam pembangunan di Kalbar, dengan menghasilkan bukti nyata berupa pekerjaan konstruksi yang tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu,” ujarnya.

Ketua Umum DPD Astakindo Kalbar terlantik, Hadi Muslim Fauzie sangat mengapresiasi sambutan Gubernur Kalbar. Dia menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen dan terus berupaya keras untuk membawa pembangunan Kalbar menjadi lebih baik lagi kedepan.”Baik dibidang konstruksi infrastruktur arsitektur, maupun mencetak tenaga ahli yang betul-betul profesional dibidangnya. Dan tentunya kedua asosiasi ini akan bersinergi antara satu dan lainnya, karena kalau perusahaan tidak memiliki tenaga ahli tidak bisa jalan, begitupun sebaliknya, demi untuk menuju pembangunan yang berkualitas,” katanya.

Dari sisi Astakindo sendiri, menyusul setelah segala urusan surat menyurat yang terkait dengan legal standing selesai dilakukan, pihaknya akan langsung melakukan rapat koordinasi dengan semua pengurus, baik di provinsi maupun kabupaten dan kota untuk melakukan perencanaan program kerja kedepan. “Setelah ini tentu kita akan melaporkan dulu, hasil Musprov kepada LPJN dan LPJKD secara resmi bahwa Kalbar telah melakukan Musprov. Dan target kita dalam waktu dekat ini yakni mengadakan pembinaan, pelatihan atau diklat yang tujuannya untuk mencetak tenaga-tenaga ahli dan profesional,” tuturnya.

Dengan adanya Musprov ini, Hadi menyatakan bahwa sudah saatnya putra-putra terbaik Kalbar bangkit untuk berperan aktif dalam semua sektor pembangunan. “Semua eksis di dunia konstruksi. Jangan hanya jadi penonton. Kedepan melalui dua asosiasi ini kita tingkatkan lagi eksistensi para pengurus. Jangan tunggu lagi, kalau nunggu kita akan kalah dengan kontraktor-kontraktor dari luar. Harus gerak cepat, dari segi informasi dan lain-lain,  apalagi sekarang sudah masuk MEA, karena siapa cepat dia hebat. Kompetisi itu biasa, dimanapun di dunia kompetisi sudah menjadi keniscayaan, tapi berkompetisi lah yang sehat,” ucapnya.

Ketua Umum DPP Asperindo Kalbar terlantik, Witono Eria Wijaya, menyampaikan secara bersinergi pihaknya akan langsung melakukan penguatan-penguatan terhadap para anggota Asperindo Kalbar. Disamping juga, Asperindo akan meningkatkan lagi jalinan hubungan yang sudah baik selama ini dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah.”Kita bersinergisitas dengan LPJKD, berperan aktif dengan pemerintah, meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan Dinas PU yang selama ini sudah baik,” ucapnya.

Selain itu, diantara beberapa program prioritas yang akan digulirkan Asperindo dalam waktu dekat, Asperindo kata Witono juga akan membangun koperasi bagi para anggotanya. Dengan tujuan, untuk membantu para anggotanya dalam hal permodalan. “Kita usahakan tahun 2016 ini, koperasi ini sudah berdiri. Di samping itu kita juga akan mempermudah proses pembuatan atau perpanjangan SBU, kontrak, SPK, penerbitkan K1-M2, dan lainnya. Artinya dengan proses yang mudah, cepat dan dengan harga yang sangat komoetitif,” ungkapnya.

Selain melakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus, Musprov ke-I tahun 2016 DPD Astakindo Kalbar dan DPP Asperindo Kalbar juga turut membahas dan menyepakati beberapa hal. Diantaranya terkait rencana dan program kerja pengurus untuk periodesasi tahun 2016-2021. Musprov secara resmi ditututup pada pukul 15.00 WIB. (fik)