Google Rayakan Ulang Tahun Ke-141 Penulis Novel Anne of Green Gables

85

eQUator – Google hari ini menghormati hari kelahiran penulis novel ternama asal Kanada, Lucy Maud Montgomery (L.M Montgomery). Google Doodle memajang sejumlah lukisan yang menggambarkan adegan dari karya paling terkenal Montgomery “Anne of Green Gables”.

Montgomery lahir di New London, Pulau Pangeran Edward, Kanada pada 30 November 1874 silam. Jika masih hidup maka hari ini akan menjadi ulang tahunnya yang ke 141.

Anne of Green Gables, yang pertama terbit pada 1908 silam, menceritakan tentang petualangan seorang gadis kecil berambut merah di Pulau Pangeran Edward. Novel Montgomery itu tercatat sebagai salah satu karya sastra Kanada paling terkenal sepanjang masa. Sampai hari ini angka penjualannya sudah mencapai 50 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa.

Kesuksesan Anne of Green Gables dan sekuel-sekuelnya juga mendongkrak popularitas Pulau Pangeran Edward di antara kalangan pecinta sastra. Sampai hari ini ribuan orang dari berbagai daerah datang ke tempat itu untuk melihat langsung latar dalam kisah-kisah Anne dan tentunya berziarah ke rumah Montgomery sendiri.
Semasa hidupnya, Montgomery juga menulis ratusan puisi, cerita pendek dan novel lainnya di luar seri Anne. Dia adalah wanita pertama yang menjadi anggota British Royal Society of Arts dan mendapat penghargaan Officer of the Order of the British Empire dari kerajaan Inggris. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here