Google Doodle Rayakan Hidup dan Karya Ludwig van Beethoven

97

Sampai sekarang tidak diketahui secara pasti kapan komponis legendaris Ludwig van Beethoven dibaptis dilahirkan. Namun, Kamis (17/12) lalu, menandai 245 tahun sejak penggubah lagu Fur Elise itu dibaptis.

Momen bersejarah ini tentu saja ikut dirayakan oleh situs Google.com  dengan memajang doodle bertemakan karya musik Beethoven. Logo situs pencarian itu kini dimodifikasi sehingga setiap hurufnya terbuat dari kertas musik berisi komposisi gubahan Beethoven.

Pengguna yang membuka halaman beranda Google.com dari desktop juga berkesempatan menikmati sebuah permainan interaktif yang tentu saja masih berkaitan karya-karya maestro asal Jerman itu. Kehidupan Beethoven yang penuh kesialan pun dikisahkan secara jenaka dalam permainan tersebut.

Beethoven adalah salah satu komposer terbaik sepanjang masa. Gubahannya, seperti Fifth Symphony, Für Elise, Moonlight Sonata dan Ode to Joy masuk jajaran komposisi klasik paling terkenal dan berpengaruh di dunia musik.

Salah satu hal yang paling mengagumkan dari Beethoven adalah fakta bahwa dia tetap menelurkan maha karya, bahkan setelah pendengarannya rusak di usia 30 tahun. Ketika meninggal dunia pada tahun 1827, Beethoven sudah dalam kondisi tuli total. (jppn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here