Gitar John Lennon Laku Rp 32 Miliar

Ditemukan Setelah 40 Tahun

110
John Lennon. I STIMEWA

eQuator – Gitar milik mendiang John Lennon akhirnya ditemukan di Amerika Serikat (AS). Alat musik milik punggawa band legendaris Inggris The Beatles itupun langsung laku dalam sebuah lelang online di Los Angeles, AS, seharga USD 2,5 juta atau setara Rp 32 miliar!

Gitar itu dari jenis Gibson J-160E. Alat musik petik tersebut sejatinya hilang 40 tahun lalu. Namun, setelah ketemu dan berganti-ganti pemilik, gitar akhirnya dijual di Rumah Lelang Julien pada Sabtu (7/11) lalu.

Gitar Lennon itu dibuka dengan harga USD 800 ribu. Namun, ternyata banyak peminatnya hingga harganya terus meroket. Sayang, pembeli gitar bersejarah itu tak ingin namanya dipublikasikan.

Bagaimana kisah gitar tua itu?

Lennon membelinya pada September 1962 di Rumah Musik Rushworth di Liverpool dengan harga USD 450. Dengan gitar tersebut suami Yoko Ono itu menulis lagu berjudul Love Me Dodan Please Please Me. Dia juga menggunakannya untuk menulis dua album pertama The Beatles.

Gitar itu hilang pada Desember 1963. Bagaimana ceritanya, tidak ada yang tahu. Gitar tersebut lantas dibeli seseorang bernama Tommy Pressley di toko musik di San Diego, AS, pada 1967.

Pressley lantas menjualnya kepada temannya, John McCaw. McCaw penasaran dengan asal usul gitar tersebut. Dia akhirnya bisa menemukan dan membuktikan bahwa itu adalah gitar milik Lennon.

McCaw lantas membawanya ke rumah lelang. Hasil lelang akan disalurkan ke Spirit Foundation, sebuah lembaga amal yang dibentuk oleh Lennon dan Ono. (jon/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here