Gigi

Tau Ndak???

376
ilustrasi.

“Gigi lebih tahan benturan ketimbang pesawat”

Email yang melapisi gigi manusia hanya sedikit lebih kuat dari kaca, kuat tetapi tidak rapuh. Hal ini setidaknya dibuktikan Prof Herzl Chai dan rekan-rekannya dari Tel Aviv University’s School of  Mechanical Engineering.

Para peneliti mencoba ratusan gigi manusia yang sudah dicabut dengan memberinya berbagai beban mekanis. Ternyata, struktur gigi terutama email sangat canggih, karena dapat bertahan terhadap tekanan.

Gigi manusia terbuat dari bahan komposit yang bereaksi terhadap tekanan dan beban dengan cara yang luar biasa. Gigi dapat menahan tekanan hingga 1.000 Newton.

Pada tingkat mikroskopis, gigi membentuk micro-cracks yang justeru berguna untuk mendifusikan tekanan yang diterima gigi dan mencegahnya hancur saat digunakan untuk mengunyah makanan yang keras.

Prof Chai membebani gigi dengan batangan logam dan mendapati bahwa cukup mudah untuk membuat gigi menjadi retak, namun jauh lebih sulit untuk membuat retakan tersebut bertambah besar dan menjadi patah.

Selama ini, industri otomotif dan pembuatan pesawat terbang telah menggunakan material mutakhir agar kuat menahan benturan. Sama halnya dengan gigi, badan pesawat juga menggunakan selapis material komposit, terbuat dari serat kaca dan karbon yang disatukan oleh matriks.

Namun pada gigi, susunan serat dan matriksnya berlapis-lapis dengan pola seperti gelombang. Sehingga tekanan yang datang diserap dan mencegah gigi terbelah atau hancur berkeping di bawah tekanan mekanis. Alhasil, gigi lebih tahan benturan ketimbang pesawat.