Gencar Beri Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal

Pemerataan Kesehatan di Kapuas Hulu

8
AM Nasir - Foto: net

eQuator.co.idPutussibau. Kabupaten Kapuas Hulu memiliki wilayah yang sangat luas. Pemerintah setempat harus mempunyai inovasi-inovasi handal agar pelayanan kesehatan sampai ke pelosok daerah. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengaku sudah berupaya memberi pelayanan kesehatan secara merata kepada seluruh masyarakat. Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.

Rabu (27/9) kemarin, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bekerjasama dengan Bank Kalbar yang mengelar pengobatan gratis dan sunatan massal di Kecamatan Semitau.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kita ketahui bahwa Kapuas Hulu sangat luas, sehingga pelayanan kesehatan belum merata. Maka adanya kegiatan seperti ini, salah satu untuk pemerataan pelayanan kesehatan bermutu kepada masyarakat,” kata AM Nasir. SH, Bupati Kapuas Hulu yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Nasir menegaskan, pihaknya terus berupaya agar fasilitas kesehatan ditingkatkan. Saat ini baru ada RSUD di pusat kabupaten dan Rumah Sakit Bergerak di Kecamatan Badau.

“Kami sudah minta ke Menteri Kesehatan supaya pembangunan Rumah Sakit Pratama di Semitau, harus dilanjutkan, dan anggarannya ditambahkan lagi,” ujar Bupati dua periode ini.

Ia menjelaskan, jika Rumah Sakit Pratama di Semitau selesai, maka masyarakat akan ditangani para dokter spesialis secara berkala. Sehingga bisa mempermudah beberapa kecamatan terdekat untuk mengakses layanan kesehatan.

“Maka kita harapkan, pembangunan rumah sakit di Semitau segera rampung. Agar bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di beberapa kecamatan yang dekat dengan Semitau,” harap Nasir.

Dikesempatan sama, Kepala Dinkes Kapuas Hulu dr. Harisson, M.Kes menjelaskan, pengobatan gratis dan sunatan massal ini merupakan program Pemda Kapuas Hulu, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pengobatan gratis ini terdiri pengobatan khusus bagi ibu hamil dan anak-anak, yang ditangani langsung dokter spesialis kandungan dan anak. Begitu juga dengan sunatan massal ditangani tim kesehatan kita,” terangnya.

Kegiatan sosial tersebut disambut antusias masyarakat Semitau. Harrison menambahkan, pesereta sunatan massal bukan hanya masyarakat Muslim, tapi yang non Muslim juga ikut melakukan sunatan.

Sebelumnya kata Harrison, pihaknya juga pernah melaksanakan serupa di beberapa kecamatan di Kapuas Hulu.

“Tujuan kita untuk memberikan pelayanan kesehatan scara maksimal kepada masyarakat. Maka program pengobatan gratis dan sunatan massal akan terus kita galakan ke kecamatan lainnya di Kapuas Hulu,” pungkasnya. (dRe)