Gema Muharram, PHBI Gelar Berbagai Lomba

Technical Meeting di Masjid Agung Al-Qudsi

324
RAPAT PHBI KKU: Ketua Harian PHBI KKU, H Nazril Hijar SAg memimpin rapat persiapan pelaksanaan lomba dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1437 H di rumah kediamannya di Sukadana, belum lama ini. KAMIRILUDDIN/RAKYAT KALBAR

eQuator – Sukadana-RK. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kayong Utara segera menggelar berbagai lomba. Diantaranya, lomba al barzanji, karnaval, shalawat dan qasidah.

Ketua I PHBI Kabupaten Kayong Utara, H Nazril Hijar, SAg mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka syiar Islam dan semarak tahun baru Islam 1437 H. “Tahun baru Islam sudah berlalu beberapa waktu lalu, namun karena ini masih bulan Muharram maka kita akan membuat kegiatan gema Muharram dengan menggelar berbagai lomba,” kata H Nazril saat rapat panitia di rumah kediamannya di Sukadana, belum lama ini.

Guna memeriahkan acara ini, dilanjutkan H Nazril, maka diharapkan keikutsertaan kecamatan, desa, kelompok pengajian, pengurus masjid, remaja masjid, pondok pesantren, TPA, dan ormas Islam yang ada di wilayah Kabupaten Kayong Utara untuk ambil bagian dalam perlombaan ini.

Batas akhir pendaftaran sampai dengan tanggal 8 November 2015. Peserta bisa daftar di Sekretariat Pantia atau Bagian Kessos Setda Pemkab Kayong Utara atau menemui langsung Suhamni dan Nurul Badri disaat jam kerja. “Peserta diharapkan dapat mengikuti technical miting yang dilaksanakan pada hari Minggu, 8 November 2015 pukul 08.00 WIB di Masjid Agung Al-Qudsi Sukadana,” kata Nazril.

Diingatkannya pula, perlombaan akan dimulai pada Senin malam Selasa tanggal 9 November 2015 pukul 19.00 WIB. Sebelumnya, tiap peserta lomba diharapkan dapat menyampaikan dokumen calon peserta berupa poto copy KTP bagi peserta dewasa, akte kelahiran bagi yang belum memiliki KTP.

“Hal yang belum jelas dapat dikomunikasikan langsung kepada saya di nomor HP 085245233781 atau Sekretaris PHBI KKU, Ichwani, SPdI (HP 085387876600),” terang H Nazril.

Sementara Koordinator Lomba Al Barzanji, H Usman menerangkan, untuk lomba Al Barzanji maka peserta utusan lembaga organisasi, majelis taklim, masjid, pondok pesantren dan lain-lain yang ada di Kayong Utara. Setiap lembaga, kata H Usman, maksimal mengutus satu peserta dan usia peserta 17 sampai 50 tahun. “Materi lomba maqra’ ditentukan dengan cara diundi dan kitab Al Barzanji disediakan panitia, dan peserta diwajibkan mengenakan pakaian Islami/muslim,” jelasnnya.

Sementara Koordinator Lomba Karnaval Jalan Kaki Beregu, Kamadi, SAg menambahkan, dalam lomba ini peserta terbuka untuk kecamatan, desa, sekolah, kelompok pengajian, organisasi keagamaan dan lain-lain. Tiap lembaga, kata dia, hanya boleh mengutus satu regu dengan peserta maksimal berjumlah 20 orang putra/putri/campuran. Peserta berusia antara 15 sampai 45 tahun. “Lomba karnaval akan kita laksanakan pada, Sabtu 14 November 2015 pukul 08.00 WIB,” terangnya. (lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here