Gelar Pengobatan Gratis Paskabencana

103
Warga memeriksakan kesehatan mereka kepada tim Medis dalam kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan PMI Ketapang- Jaidi Chandra

eQuator – Ketapang-RK. Palang Merah Indonesia Cabang Ketapang bekerjasama dengan PMI Pusat dan Dinas Kesehatan Ketapang menggelar pengobatan gratis di dari Jumat (18/12) sampai dengan Kamis (24/12) mendatang. Pengobatan Gratis dilaksanakan selama sepekan di empat Desa yang terdampak bencana di Kecamatan Muara Pawan Ketapang.
Koordinator kegiatan pengobatan Gratis PMI Ketapang Zulfahmi mengatakan, bakt sosial pengobatan gratis di laksanakan di empat desa yang berada di pinggiran sungai yakni Desa Tanjupura, Mayak, Tanjung Pasar dan Ulak Medang Kecamatan Muara Pawan. “Ini aksi respon tanggap darurat paskabencana,” jelas Fahmi, Minggu (20/12).
Fahmi menjelaskan, kegiatan tersebut ada berupa rumah sehat dan mobile klinik, mobile klinik dilaksanakan di empat Desa tersebut kegiatan dilaksanakan mulai Jumat (18/12) sampai dengan Kamis (24/12) mendatang. “Kegiatan pengobatan Gratis ini kerjasama dengan PMI Pusat beserta Dinas Kesehatan Ketapang,” jelasnya.
Ia mengatakan, bakti sosial pengobatan gratis ini sengaja dilakukan di desa-desa yang dilanda bencana.Kegiatan ini bertujuan memulihkan kondisi kesehatan masyarakat setelah dilanda bencana banjir.
“Dari hasil pemeriksaan medis, warga banyak mengeluhkan masalah diare,sesak nafas, gatal-gatal, korengan dan masalah penyakit lainya,” katanya.

Sementara Ketua PMI Ketapang Fitriyadi menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan Bansos pengobatan gratis ini sebagai Respon pihak PMI terhadap dampak penyakit masyarakat paskabencana kabut asap maupun bencana banjir yang melanda Ketapang. “Agar kita sama-sam tahu apa saja penyakit yang diderita warga pasca bencana ini,” jelasnya.

Pengobatan gratis ini, kata Fitriyadi sebagai bentuk kepedulian PMI kepada warga yang menderita penyakit pasca bencana, ia mengatakan respon masyarakat terhadap pengobatan gratis sangat tinggi, karena ratusan warga sudah memeriksakan kesehatan mereka kepada Tim Medis dari Dinas Kesehatan.( Jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here