Gedung Baru Bank Kalbar Cabang Ketapang Diresmikan

295
Rekening Tabungan. Penyerahan rekening tabungan oleh Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY kepada Gubernur Cornelis usai peresmian gedung baru Bank BPD Ketapang, Kamis (14/1). Jaidi Chandra/RK.

eQuator – Ketapang-RK. Peresmian gedung baru Bank Kalbar Kantor Cabang Ketapang dihadiri Gubernur Cornelis beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Ny. Frederika Cornelis. Hadir pula Pj Bupati Ketapang, Kartius dan Bupati KKU, H. Hildi Hamid serta Perwakilan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalbar, Mahdi Abdilah serta lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Bank Kalbar, Sudirman HMY mengucapkan, terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta DPRD Provinsi Kalbar, DPRD Kabupaten/Kota yang selalu mendukung Bank Kalbar dengan penambahan modal.

“Kinerja Bank Kalbar yang semakin baik tentu saja didukung dengan peran serta segala pihak termasuk masyarakat dan mitra usaha Bank Kalbar,” ucapnya.

Menurut Sudirman, peresmian gedung baru ini menelan waktu selama delapan belas bulan pengerjaan. Yang dimulai pada 17 Oktober 2013 dan selesai pada 10 April 2015. Saat ini gedung baru tersebut berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No. 18 Kabupaten Ketapang. Sementara itu, untuk Kantor Cabang Ketapang yang lama di Jalan Merdeka Nomor 138 telah menjadi Kantor Kas serta tetap melayani nasabah yang berada di sekitarnya.

“Cabang Ketapang saat ini membawahi enam jaringan kantor dan memiliki 10 mesin ATM yang tersebar di seluruh Kabupaten Ketapang serta 1 CDM atau mesin setor tunai,” paparnya.

Ia mengatakan, sebagai perusahaan jasa Perbankan, Bank Kalbar terus berkembang dan meningkatkan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kemudahan bagi nasabah. Saat ini Cabang Ketapang telah dilengkapi dengan Safe Deposite Box (SDB) yang berguna sebagai penyimpanan barang-barang atau surat berharga. Ke-144 box siap melayani kebutuhan nasabah yang berada di Kabupaten Ketapang.

Sudirman menuturkan, untuk produk unggulan, saat ini tabungan TASERNA telah dilengkapi dengan Asuransi Kematian. Dengan minimal saldo Rp50 ribu. Tabungan PROFITA sebagai tabungan investasi, Tabungan SISWA dan BEKAL sebagai tabungan berjangka yang memiliki manfaat untuk jangka waktu ke depan. Saat ini Bank Kalbar telah gencar mendukung Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dengan meluncurkan kartu FLAZZ Bank Kalbar, pembayaran PBB Online melalui ATM Bank Kalbar serta dalam waktu dekat akan melaksanakan Laku Pandai (Branchless Banking).

Dalam kesempatan itu, Sudirman menyampaikan, pencapaian kinerja keuangan Bank Kalbar posisi 31 Desember 2015 meningkat. Saat ini total asset yang dimiliki Bank Kalbar sebesar Rp13,129 triliun, dana pihak ketiga sebesar Rp10,9 triliun. Dengan total nasabah sebanyak 1.060.765 rekening dan penyaluran kredit sebesar 9,02 triliun dengan LDR sebesar 82 persen.

Di sela acara peresmian tersebut, dilaksanakan pula pemberian bantuan CSR Bank Kalbar. Yakni berupa beasiswa kepada pelajar yang berprestasi sebanyak 10 orang serta bantuan kepada empat orang pelaku usaha kecil di wilayah Kabupaten Ketapang. (Jay)