Foto Editan Obama Membungkuk ke Ali Khamenei

8
HOAX

eQuator.co.id = MENGEDIT foto untuk disebarkan sebagai hoax tak hanya terjadi di Indonesia. Di negara yang demokrasinya lebih maju seperti Amerika Serikat (AS), hal semacam itu juga terjadi. Belakangan, di sana ramai beredar foto Barack Obama, mantan presiden AS, yang memberi salam dengan cara membungkuk kepada Ali Khamenei, pemimpin agung Iran.

Selama menjabat presiden AS, Obama memang kerap dikritik karena memberikan penghormatan kepada tokoh tertentu dengan membungkukkan badan. Nah, foto Obama yang membungkuk kepada Ali Khamenei akhirnya dianggap sebagai kebenaran oleh beberapa netizen di Negeri Paman Sam.

Sebagaimana dikutip dari Snopes.com, foto tersebut adalah hasil rekayasa digital. Gambar aslinya berasal dari dua foto yang berbeda. Pertama, foto Ali Khamenei yang berada dalam satu forum dengan Mahmoud Ahmadinejad, mantan presiden Iran. Foto Khamenei itu diketahui diambil pada 2005.

Di foto kedua, Obama sedang membungkukkan badannya kepada seorang anak kecil. Ceritanya, anak bernama Jacob itu diberi kesempatan untuk memegang rambut Obama. Foto tersebut diambil pada 2012 oleh Pete Souza, fotografer Gedung Putih. Dua foto itu kemudian digabung dengan menempatkan gambar Obama yang sedang membungkuk di samping Khamenei yang sedang duduk. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Foto Obama yang sedang membungkuk kepada Ali Khamenei merupakan gabungan dua foto yang berbeda. Momen tersebut tidak pernah ada.