Fahri Palsu Sebar Kebencian

13
HOAX

eQuator.co.id – MENDEKATI tahun politik, hoax yang mencatut nama atau akun politisi makin bertebaran. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah kembali menjadi korbannya. Ada akun Twitter palsu yang mencatut nama Fahri. Isinya menyerang sejumlah pihak, termasuk Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Akun Fahri Hamzah palsu itu memiliki url https://twitter.com/donys168. Banyak kicauan provokatif di dalamnya. Misalnya, Senin (28/11), akun tersebut me-retweet status yang dibuat akun Sandiaga Uno. Saat itu Sandiaga berkicau soal penggunaan kawasan Monas.

“Sekali lagi kami ingin sampaikan bahwa seluruh masyarakat dapat menggunakan kawasan Monas lagi untuk acara keagamaan, kebudayaan, sosial, pendidikan, dsb selama itu positif. Kita jadikan tempat ini sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, kita perkuat persatuan dan kesatuan antar warga.” Begitu tulis Sandiaga Uno pada 27 November 2017.

Kicauan Sandiaga Uno itu lantas ditanggapi nyinyir oleh akun Fahri Hamzah palsu. “Pidatonya cuman bisa sambil baca ya Pak!!! Menunjukan ketidakmampuan dalam merangkai kata. Ciri orang cerdas tapi IQ jongkok,” tulis Fahri Hamzah palsu.

Bukan hanya itu. Pada 26 November 2017, Fahri Hamzah palsu juga membuat status yang menyerang ormas Muhammadiyah. Isinya, “Menanggapi @muhammadiyah saat ini sudah sangat jauh bergeser. Bukannya semakin maju malah semakin mundur. Dulu tak pernah mau terlibat politik, sekarang malah akrobatik. Dulu tak mau demo sekarang jadi pesumo. Mungkin mereka meninggalkan alquran demi mendapatkan uang, MIRIS’’.

Akun Fahri Hamzah itu layak dilaporkan ke Twitter. Meskipun, pihak Twitter telah memberikan verifikasi pada akun Fahri Hamzah yang asli. Sebab, akun Fahri Hamzah palsu tersebut diikuti banyak netizen. Ada ribuan follower pada akun Fahri Hamzah palsu. (Jawa Pos/JPG)