El Clasico

49

eQuator – Jornada 12 La Liga mempertemukan dua tim terbaik Spanyol, Real Madrid melawan Barcelona. Pertandingan yang berlabel El Clasico ini akan digelar di Santiago Bernabeu pada hari Minggu (22/11) pukul 00:15.
Menteri Olahraga Spanyol menegaskan bahwa laga ini harus berjalan meski sebelumnya ada ancaman nyata yang muncul dalam laga Internasional. Pihak La Liga pun kemudian memilih menambah jumlah personel keamanan untuk memastikan laga ini berjalan dengan aman.
Laga ini sudah cukup lama ditunggu bukan saja oleh pendukung kedua tim, tapi juga oleh penggemar sepakbola secara keseluruhan. Menurut estimasi, El Clasico akan disaksikan setidaknya 400 juta pasang mata dari seluruh dunia. Angka itu bisa naik lagi hingga 600 juta penonton.
Tuan rumah Real Madrid menyambut laga ini dengan kekalahan 2-3 dari Sevilla. Itu adalah kekalahan pertama Madrid di semua ajang musim ini. Akibat kekalahan itu, Madrid kini tergeser ke posisi dua klasemen sementara, terpaut tiga poin dari Barcelona.
Meski kebobolan tiga kali oleh Sevilla, Madrid masih merupakan tim dengan pertahanan terbaik di La Liga musim ini dengan hanya kebobolan tujuh kali. Mereka juga menjadi tim paling subur dengan koleksi 26 gol.
Namun jelang El Clasico, Madrid memiliki alasan bagus untuk sedikit tersenyum. Pasalnya, semua pemain mereka lolos dari virus FIFA dalam jeda internasional kali ini.
Rafael Benitez kini sedang memantau kondisi Keylor Navas. Kabarnya, Navas sudah dinyatakan fit dan akan bisa bermain akhir pekan nanti.Sergio Ramos juga memaksakan diri untuk bermain dalam laga ini dengan menunda operasi cedera pundaknya. Dengan kata lain, mungkin hanya Karim Benzema saja yang kondisinya masih menjadi misteri akibat cedera otot paha.
Di sisi Barcelona, mereka menjelang pertandingan ini dengan semangat tinggi. Pada jornada terakhir, Barca sukses mengkudeta Real Madrid dengan mengalahkan Villarreal ketika Madrid tumbang oleh Sevilla.
Salah satu poin yang menjadi perhatian utama di Barca jelang pertandingan El Clasico kali ini adalah kembalinya Lionel Messi. La Pulga mengalami cedera lutut kiri pada saat menghadapi Las Palmas beberapa pekan silam. Sejauh ini, semua pihak mengindikasikan bahwa Messi akan menjadi starter dalam laga nanti.
Saat Messi cedera, Luis Suarez dan Neymar menjadi ujung tombak yang sangat tajam bagi Barca. Kombinasi Suarez dan Neymar mampu memporakporandakan nyaris semua lawan yang menghadang Barca.
Luis Enrique sudah dipastikan tidak akan bisa memainkan Rafinha danDouglas lantaran cedera. Selain itu, kondisi Ivan Rakitic juga belum sepenuhnya pulih. Tapi Rakitic sepertinya akan bisa dipaksakan bermain jika situasi memaksa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here