Efren Gracio Juara Olimpiade Matematika

114
FOTO BERSAMA. Juara Olimpiade Matematika, Efren Gracio berfoto bersama Kepala SD Paroki Katedral Sanggau, Suster Sisilia Osa (kiri) dan ayahandanya, Martinus Marno (kanan) di sekolahnya, Jumat (11/11). Kiram Akbar-RK

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Murid Kelas III Sekolah Dasar (SD) Paroki Katedral Sanggau, Efren Gracio Fernando meraih Juara Pertama Olimpiade Matematika Tingkat SD/Madrasah se-Kabupaten Sanggau.

“Nando (sapaan Efren Gracio Fernando, red) ini memang sukanya di bidangstudi Matematika dan IPA Sains,” kata Rantawati, ibundanya saat ditemui di kediamannya, Jumat (11/11).

Dari keterangan Rantawati, ternyata tidak ada tips khusus sehingga Nando sukses menjuarai Olimpiade Matematika yang digelar Primagama Sanggau, Jumat (4/11) lalu tersebut.

Ia mengaku, memberikan jam belajar yang tidak menentu kepada Nando. Jika ada kesempatan, bisa digunakannya untuk belajar dengan rileks. “Misalnya, saya sedang masak, bisa saja Nando ini belajar juga. Sambil berkendara juga bisa dibawakan untuk belajar dengan rileks, ” beber Rantawati.

Sementara, untuk menggerjakan Pekerjan Rumah (PR), tambah dia, memang sudah ditentukan waktunya. Paling tidak satu jam. “Dari pukul 18.30 sampai 19.30. Pada saat ini, televisi dipadamkan,” ucap Rantawati.

Tetapi, bila sudah melihat Nando capek atau nampak tidak senang untuk belajar, Rantawati pun memberikan toleransi kepada anaknya itu. “Kalau lagi kurang sehat atau kecapean, kita tidak memaksanya untuk belajar, ” jelas Bidan Puskesmas Tanjung Sekayam ini.

Sementara itu, ayah Nando, Martinus Marno mengaku bangga dengan prestasi putranya ini. “Di usianya yang masih muda, saya lihat mentalnya kuat untuk berkompetisi dengan teman-temanya. Niatnya untuk maju juga sangat kuat, ” katanya.

Pegawai Inspektorat Kabupaten Sanggau ini mengungkapkan, Nando baru kali pertama mengikuti olimpiade, tetapi langsung meraih juara. “Mudah-mudahan ke depan Nando bisa mengikuti O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional),” harap Marno.

Terpisah, Kepala SD Paroki Katedral Kabupaten Sanggau, Suster Sisilia Osa mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya di bidangstudi Matematika tersebut. “Kita mengirim delapan murid, di antaranya Nando yang meraih Juara Satu. Dia menyelesaikan 50 soal dengan waktu 11 menit 25 detik, ” ungkapnya.

Perilaku Nando di sekolah biasa-biasa saja. Anak ini berteman dengan siapa saja. Tetapi sangat menyenangi Matematika. “Ternyata kemampuanya lebih, makanya kita di Sekolah tetap membimbing dia secara efektif,” ujar Sisilia

Lantaran Nando sangat menyenangi Matematika, jelas Sisilia, maka guru Matematika tetap menolongnya untuk lebih maju lagi. “Kalau di kelasnya juga dia berprestasi, Nando ini memang cepat menangkaplah, ” ucapnya.

Dia mengatakan, memang anak-anak di SD Paroki Katedral ini dididik dengan sangat tertib. Tetapi, tetap menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

“Pada dasarnya anak-anak ini kan dari keluarga, pendidikan di kelurganya sudah baik, kita di sekolah tinggal membantu mengembangkan kemampuan mereka di bidang akademik dan lainnya, ” tutup Sisilia.

 

Laporan: Kiram Akbar

Editor: Mordiadi