Duit dari Pemutaran Perdana Rogue One Di Atas Dawn of Justice dan Civil War

31

eQuator.co.id – Sesuai prediksi, Rogue One: A Star Wars Story mencetak pencapaian memuaskan pada malam preview Kamis malam (15/12). Tepat sehari sebelum film arahan sutradara Gareth Edwards itu diputar secara luas di Amerika Utara pada Jumat (16/12), Rogue One menerima pendapatan USD 29 juta (setara Rp 388 miliar) dari pemutaran preview.

Jumlah tersebut dinilai Lucasfilm sudah sesuai dengan ekspektasi sekaligus mengantarkan film Rogue One sebagai film dengan pendapatan preview Kamis malam tertinggi untuk 2016. Film garapan Gareth Edwards itu mengalahkan pendapatan preview Batman v Superman: Dawn of Justice (USD 27,7 juta, setara Rp 371) dan Captain America: Civil War (USD 25 juta, setara 335 miliar).

Namun, prekuel Star Wars: A New Hope (1977) itu belum bisa menandingi The Force Awakens (TFA) yang dirilis tepat setahun lalu. Pada pemutaran preview 17 Desember 2015, instalasi ke-7 franchise Star Wars tersebut mendulang USD 57 juta (setara Rp 764 miliar).

Di situs penilai film pun, Rogue One masih kalah dengan TFA. Rotten Tomatoes mencatatnya dalam status fresh alias sedang hangat-hangatnya ditonton atau digemari. Skornya 85 persen. Tahun lalu, saat TFA resmi diputar, skor awalnya di Rotten Tomatoes adalah 92 persen. Sementara itu, di situs ComScore, Rogue One mendapat skor 88 persen, yang jumlahnya masih di bawah TFA dengan skor 94 persen pada 2015.

Dari pemutaran preview, demografi penonton pun didapatkan. Walaupun menampilkan karakter utama perempuan, jumlah penonton laki-laki ternyata jauh mendominasi. Persentase penonton berdasar jenis kelamin adalah 20–30 persen perempuan dan 70–80 persen laki-laki. Dikutip dari Variety, pemutaran hari perdana domestik Rogue One diperkirakan bisa mencapai pendapatan USD 70 juta (setara Rp 938 miliar). Film itu juga diyakini bisa bertengger di puncak box office pekan ini menggeser Moana dengan catatan pemasukan sekitar USD 120–140 juta (setara Rp 1,6–1,8 triliun).

Dari pasar internasional atau worldwide, Rogue One memperoleh pendapatan kotor USD 33 juta (setara Rp 442 miliar) setelah diputar di Asia, Eropa, dan Australia sejak Rabu (14/12). Diperkirakan, Rogue One memuncaki chart opening weekend 2016 dengan pemasukan sekitar USD 150 juta (setara Rp 2 triliun).

Sementara itu, dari seluruh pemain, Felicty Jones sebagai pemeran Jyn Erso mendapat honor paling besar. Nomine Aktris Terbaik Piala Oscar 2016 lewat film The Theory of Everything tersebut mendapatkan nilai kontrak dengan tujuh digit angka. Sedangkan para pemain utama pria hanya menerima honor ratusan ribu USD alias enam digit.

’’Dia tahu nilai dirinya,’’ kata seorang sumber kepada majalah The Hollywood Reporter.

Majalah itu juga mengungkapkan bahwa Jones menjadi satu-satunya cast dari Rogue One yang memiliki dua kontrak film Star Wars dengan Lucasfilm. Belum tahu dia muncul di film yang mana. Muncul spekulasi bahwa Jones bakal membintangi film prekuel tentang Han Solo yang rilis pada 25 Mei 2018.

SPOILER ALERT!

Rogue One disebut-sebut sebagai instalasi Star Wars terbaik. Setelah menonton, penggemar ramai membicarakan pengalamannya saat menyaksikan film itu. Berikut lima hal yang sering menjadi topik:

  1. Kembalinya Peter Cushing

Rogue One merupakan prekuel A New Hope yang dirilis hampir 40 tahun lalu. Pemeran Grand Moff Tarkin, Peter Cushing, wafat pada 1994. Saat Tarkin kembali hadir di Rogue One, Lucasfilm menghadirkannya dengan efek CGI yang diterapkan pada wajah aktor Guy Henry. Begitu halus sehingga tak banyak yang menyadari bahwa pemainnya sudah tiada.

  1. Rogue Two (?)

Lucasfilm menjelaskan, Rogue One melalui berbagai tahap syuting dan perubahan adegan. Kabarnya, salah satu syuting melibatkan adegan pasca ending. Jika iya, bukan tidak mungkin ada sekuel petualangan Jyn Erso. Apalagi, Felicity Jones sebagai pemeran menandatangi kontrak untuk dua judul.

  1. Trailer Beda

Selain memunculkan spekulasi adanya sekuel, proses reshoot membuat trailer berbeda dengan film. Ada adegan dalam trailer yang akhirnya tidak terdapat di film.

  1. Lima Aktor untuk Darth Vader

Penjahat ikonik itu merupakan salah satu tokoh yang aktornya paling sering diganti. Para pemerannya adalah David Prowse (The Return of the Jedi), Bob Anderson (The Empire Strikes Back), dan Hayden Christensen (Revenge of the Sith). Di Rogue One, ada dua aktor yang memerankannya, yaitu Spencer Wilding dan Daniel Naprous.

  1. The New Leia

Putri dari planet Alderaan ini muncul di Rogue One dengan efek CGI. Aktris Ingvild Deila merupakan pemerannya. Wajah Deila dibuat semirip mungkin dengan Carrie Fisher, pemeran asli Putri Leia, yang kini berusia 60 tahun. (Jawa Pos/JPG)

Facebook Comments