Duh… Banker Manis Disebut Terapis Alexis

34

eQuator.co.idENTAH apes apa yang dialami Anindytia Oktaviani. Foto pegawai sebuah bank BUMN itu diambil dan disalahgunakan oleh para penyebar hoax. Foto Anin, panggilan Anindytia, digunakan seolah-olah sebagai terapis panti pijat Alexis yang sedang berkicau tentang siapa saja pelanggannya.

Belum diketahui siapa yang memulai penyebaran foto Anin sebagai terapis Alexis. Yang pasti, warganet mendeteksi salah satu penyebarnya akun Facebook Basuki Sutawijaya. Pada 31 Oktober 2017, Basuki mem-posting status ”Nabila Jessica Alexis Hotel.” Status itu diunggah bersama foto Anin dan screenshot akun Twitter @nabilajessica18.

Akun Twitter @nabilajessica18 yang digabung dengan foto Anindytia itu berkicau tentang figur publik yang pernah menjadi tamu Alexis. Total ada tiga kicauan yang pernah di-posting. Tentu saja, kicauan itu mendiskreditkan nama-nama figur publik yang disebut di dalamnya.

Jawa Pos memang pernah melihat langsung akun @nabilajessica18 mem-posting tiga tweet itu. Isinya persis apa yang di-capture oleh akun Facebook Basuki Sutawijaya. Tapi, entah kenapa, akun tersebut tak lagi bisa diakses sejak Jumat (3/11). Tidak hanya itu, Basuki juga sudah menghapus foto Anindytia. Sebab, banyak warganet yang memergoki Basuki mencomot foto Anin dari akun Instagram bankercantik.id.

Menurut bankercantik.id, foto Anindyatia pernah mereka repost (regram) pada 28 Februari 2017. ”Tapi, dengan sengaja ada orang yang menggunakan foto ini sebagai konten hoax di media sosial,” tulis akun bankercantik.id kemarin. Menurut akun itu, Anin merupakan banker Bank Mandiri.

Jawa Pos yang menghubungi Anin lewat direct message di Instragram-nya tidak mendapat balasan. Namun, mantan teman sekerja Anin yang memiliki akun Facebook bernama Nila Melinda akhirnya membongkar ulah ngawur akun Facebook Basuki Sutawijaya. Di status Basuki, Nila menyatakan bahwa foto yang dipasang itu merupakan mantan teman kerjanya.

”Saya mau klarifikasi. Jangan fitnah ya. Dia itu teman saya waktu kerja di Yamaha Music Cibitung. Sekarang dia kerja di Bank Mandiri. Mungkin orang itu ambil foto dari sini. Dia gak main FB, tapi main Instagram,” tulis Nila.

Nila sempat membantu menyambungkan Jawa Pos kepada Anin. Tapi, Anin tidak mau terhubung dengan media. Anin hanya menitipkan pesan lewat Nila untuk Jawa Pos. Menurut Anin, fotonya sudah jelas dimanfaatkan untuk hoax oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jawa Pos juga berupaya mengklarifikasi hoax itu kepada penyebarnya, Basuki Sutawijaya. Koran ini menghubungi Basuki via Facebook messenger. Namun, Basuki tidak merespons. Dalam akun Facebook-nya, pria itu mengaku pernah bekerja di KFC Holding Malaysia Sdn Bhd dan PTPN XIV Persero. Dia berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Pernah bersekolah di SMA Negeri 1 dan sekarang tinggal di Watampone, Sulawesi Selatan. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Foto Anindytia Oktaviani dicomot orang, diberi keterangan seolah-olah dia adalah terapis griya panti pijat Alexis, kemudian berkicau tentang nama-nama pelanggannya.