Dua Pelajar Kubu Raya Ikut Jambore Internasional

61
Jambore Internasional. Dua pelajar SMPN 1 Sungai Raya, (kiri) Satrio Aji Pangestu (14) siswa kelas IX dan Sausan Nur Aqilah (14) siswi kelas IX (kanan) berhasil menjadi peserta Jambore Internasional Asia-Pasifik di Thailand, Minggu (11/12). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Upacara pelepasan dua pelajar SMPN 1 Sungai Raya yang akan berangkat mengikuti Jambore Internasional Asia-Pasifik di Thailand berlangsung khidmat di halaman SMPN 1 Sungai Raya, Minggu (11/12).

Kedua pelajar yang berhasil menjadi peserta Jambore Internasional Asia-Pasifik di Thailand ini bernama Satrio Aji Pangestu (14) merupakan siswa kelas IX dan Sausan Nur Aqilah (14) merupakan siswi kelas IX yang tentunya menjadi kebanggaan sekolah terutama bagi orangtua masing-masing.

Setelah aktif dalam kegiatan pramuka sejak duduk di Sekolah Dasar (SD), keduanya memiliki segudang prestasi akademis dan nonakademis di kegiatan pramuka. Di pramuka mereka berada level penggalang tingkatan trap, yakni paling tinggi untuk penggalang sehingga di sekolah masuk di ruangan kelas A sebagai kelas unggulan di SMPN 1 Sungai Raya.

Sausan Nur Aqilah (14) menuturkan, keberhasilan masuk sebagai peserta jambore internasional tak lepas dari dukungan keluarga, yakni orangtua dan sekolah. Terlebih lagi menjadi peserta jambore di pramuka merupakan cita-citanya sejak awal.

“Cita-cita saya dari dulu bisa ikut jambore internasional. Makanya saya aktif di pramuka. Saya ingin membawa nama sekolah, Kabupaten Kubu Raya dan Provinsi Kalbar saat berada di sana. Minimal bisa jadi pimpinan regu dalam pelaksanaan Jambore Internasional Asia-Pasifik di Thailand,” harapnya.

Sementara itu, Satrio Aji Pangestu (14) yang lahir dari keluarga militer telah menggemari kegiatan pramuka sejak duduk di bangku SD. Dukungan yang diberikan orangtua membuatnya semangat dalam menjalani kegiatan serta meraih sejumlah prestasi.

“Saya ingin sekali ikut jambore internasional seperti saat ini. Makanya saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Tujuan saya untuk membanggakan sekolah dan orangtua,” ujarnya.

Kepala SMPN 1 Sungai Raya, Slamet Riyadi menaruh harapan besar terhadap anak didiknya di Jambore Internasional Asia-Pasifik di Thailand agar bisa membawa nama baik daerah.

“Kita harap mereka berdua bisa membawa nama baik daerah Kubu Raya, Kalbar dan Indonesia. Sebab nanti mereka hanya terbaca dari Indonesia dan bergabung dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Keberangkatan kedua pelajar SMPN 1 Sungai Raya di ajang Jambore Internasional Asia-Pasifik berlangsung pada Senin (12/12) ke Jakarta. Selanjutnya, berangkat ke Bangkok, Thailand, Selasa (13/12). (sul)