Dua Beranak Nyaris Dibunuh

83
ilustrasi. net

eQuator – Ketapang-RK. Edy, 40, dan anaknya Roy, 19, nyaris dibunuh dua bersaudara, Dedy, 21, dan Rahman, 29, warga Desa Kesuma Jaya, Kecamatan Jelai Hulu, Ketapang, Kamis (21/1) malam.

Roy mengaku nyaris menjadi korban pembunuhan karena masalah ayahnya dengan pelaku. Masalahnya sepele, mengenai kabel parabola. “Dedy tanya bapak saya di mana, kata saya di belakang. Kemudian mereka mendobrak pintu dan bapak berantam sama mereka. Saya datang melihat bapak dipukul, langsung saya ikut mukul mereka,” kata Roy, Jumat (22/1).
Sementara Edy mengatakan, persoalannya sepele. Awalnya ia mendatangi rumah Yadi abang kedua pelaku untuk mengambil kabel parabola. Sebenarnya ia sudah izin sama Yadi, namun karena rumahnya terkunci dia minta Yadi mengambil kuncinya.
“Saya minta ambilkan, karena barangnya sudah dibayar. Tapi Yadi tak ada di rumah itu, hanya anaknya yang masih SMP dan kakeknya,” kata Edy.
Tak lama Yadi datang membawa kabel parabola. Saat itu Yadi sudah minta maaf dan Edy juga minta maaf. “Kita ngobrol biasa. Terus saya pulang ke rumah,” ungkapnya.

Pukul 20.00, datang Dedy dan Rahman yang merupakan adik-adik Yadi. “Ketika di rumah mereka dobrak pintu. Saya kaget dan bangun, mereka langsung serang saya. Mereka menyerang belum pakai pisau,” ungkapnya.
Edy menuturkan, saat berantam di antara pelaku ada menusuknya menggunakan pisau. Anaknya, Roy terlebih dahulu ditusuk.

“Saya sempat bilang sama Roy mereka bawa pisau. Saya suruh Roy ambil parang, kata saya mereka mau bunuh kita. Mereka langsung kabur,” tuturnya.
Kapolres Ketapang AKBP Hady Poerwanto menjelaskan, kronologis kejadian bermula ketika pelaku Dedy pulang kerja dari kebun ke rumahnya, Kamis (21/1) pukul 18.00. Di rumahnya ia mendapat informasi bapaknya didatangi oleh Edy. Dedy tidak terima, kemudian mendatangi rumah korban bersama Rahman pukul 19.00 untuk menanyakan hal tersebut.

“Terjadilah cekcok mulut antara mereka,” kata Kapolres.
Kemudian Edy memiting leher Rahman sambil berteriak minta bantuan Roy anaknya. Saat Roy datang langsung memukul pipi kanan Dedy. Dedy kemudian membalas dengan membacok senjata jenis arit ke perut Roy. Dedy juga membacok punggung Edy. “Saat ini kedua pelaku sudah kita tangkap dan akan segera dibawa ke Mapolres Ketapang,” ungkap AKBP Hady. Sementara Edy dan anaknya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agoesdjam Ketapang. (jay)