Donor Darah, Kunjungi Panti Jombo, dan Tanam Pohon

Bakti Sosial Rangkaian Natal Bersama

136
TANAM MATOA. Pj. Bupati Kartius menanam bibit Matoa di halaman Rumah Adat Dayak Ketapang, Jalan Lingkar Kota Ketapang, Jumat (8/1)- Alwi Adi (Humas) for Rakyat Kalbar

eQuator – Ketapang-RK. Cuaca mendung disertai rintik hujan pagi itu, Pj Bupati Kartius beserta Ketua Tim Penggerak PKK Yuliana Kartius tak mengahalanginya memegang polibek bibit matoa. Perlahan dia melepas kantong plastik yang membungkus akar tanaman dari papua itu, kemudian menanam ke lubang dengan cekatan lalu menimbunya.

“Hujan ini berkat dari Tuhan, semoga tanaman ini tumbuh dengan subur,” ucap Kartius, usai menanam bibit matoa di lokasi pembangunan rumah adat Dayak Ketapang Jalan Lingkar Kota, Jumat (8/1).

Kegiatan menanam pohon sebanyak 300 batang, tersebut merupakan bagian kegiatan dari rangkaian kegiatan bakti sosial natal bersama tahun 2016. Selain itu Panitia telah melakukan Donor darah, di RSUD Agoesdjam Ketapang, juga melakukan anjang sana ke Panti Sosial Panti Jompo Ketapang.

Kartius berharap, pohon yang ditanam bukan hanya bibit yang tanaman yang sudah ada sekarang, tetapi juga harus dibudayakan tanaman-tanaman yang mulai langka seperti, mentawak, peluntan,pehengan dan lain sebagainya. “Rumah adat Dayak ini nantinya harus dijadikan ikon wisata Ketapang, selain keraton dan rumah adat Melayu,” pesannya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Panitia Natal bersama, yang telah melakukan kegiatan bakti sosial dan pada acara puncak natal bersama di Hotel Borneo Ketapang. “Natal gabungan ini harus terus dilanjutkan, walau tidak semua bisa mengikuti paling tidak di kota bisa menyentuh semua,” kata Kartius.

Ketua  Panitia Natal Bersama Alexander Wilyo mengungkapkan, penanaman pohon dalam rangka mendukung gerakan penhijauan di rumah adat dayak Ketapang, adalah rangkaian natal bersama PNS, TNI, POLRI BUMN dan BUMD yang ada di Ketapang.

Sedikitnya 300 pohon yang ditanam seperti bibit matoa, kayu belian, kayu bengkirai dan bibit tanaman lainya dengan harapan bibit yang ditanam akan tumbuh subur,kokoh dan rindang hingga Ketapang menjadi indah. “Pohon adalah simbol kehidupan manusia,” ucap Alexander.

Dia menambahkan, kegiatan bakti sosial ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu, selalu menanam pohon diseperti di jalan Karya Tani Jalan Lingkar Kota Ketapang.

Selain itu juga Panitia telah melaksanakan kegiatan sosial lainnya berupa donor darah di RSUD Agoesjdam Ketapang, kunjungan ke panti sosial Panti Jompo. “Puncak acara natal bersama Minggu (10/1) di hotel Borneo pukul 17 30,” tutup Alexander. (Jay- Humas)