Donor Darah Jangan Hanya pada Momen Tertentu

73
DONOR. Ketua PMI Kalbar, Ny Frederika Cornelis bersama anggotanya menyaksikan Anggota TNI Yon Armed Landak yang mendonorkan darahnya, di Aula Kantor Bupati Landak, Sabtu (12/11). Foto Humas Pemprov for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Ngabang-RK. Palang Merah Indonesia (PMI) Kalbar mengharapkan masyarakat mendonorkan darahnya jangan hanya pada momen tertentu. Lantaran, kebutuhan akan darah terus meningkat.

“Masyarakat juga bisa mendonorkan darahnya di tempat-tempat yang sudah tersedia, baik itu Rumah Sakit maupun kantor-kantor PMI,” kata Ny Frederika Cornelis SPd, Ketua PMI Kalbar, ketika meninjau Donor Daerah pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 dan Hari Pahlawan ke-71, di Aula Kantor Bupati Landak, Sabtu (12/11).

Frederika menjelaskan, PMI bertanggungjawab memenuhi kebutuhan darah di Kalbar. “Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya membutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, untuk memenuhi stok darah, PMI berupaya melakukan berbagai aksi donor darah, bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun lainnya, termasuk anggota TNI.

PMI juga, tambah Frederika, terus menerus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya untuk menyumbangkan darahnya kepada yang membutuhkan. “Sosialisasi itu baik melalui media cetak maupun elektronik, serta beberapa terobosan,” ungkapnya.
Saat ini, kata Frederika, jumlah kantong darah yang sudah terkumpul cukup lumayan, meningkat setiap tahunnya. “Hal ini menandakan, kepedulian antarsesama atau kesadaran masyarakat mulai tumbuh,” ucapnya. (fie)

Facebook Comments