Dirikan Tiang Listrik dari Kayu

172
Tiang listrik kayu hasil dari kegiatan gotongroyong warga tampak berdiri kokoh. Antonius

eQuator – Ngabang-RK. Semangat kegotongroyongan ditunjukan warga Gang Bersama RT 015/RW 002 jalan Munggu Dusun Martalaya Desa Raja Kecamatan Ngabang. Secara swadaya, belum lama ini warga setempat berhasil mendirikan sejumlah tiang listrik yang terbuat dari kayu.
Ketua RT 015/RW 002, Devi Zulkarnain mengatakan, sebelum adanya pendirian tiang listrik kayu tersebut, terlihat sejumlah kabel listrik yang tersambung ke rumah warga tidak sedap dipandang mata.
“Boleh dikatakan kabelnya lintang-pukang dan tidak enak dipandang mata. Selain itu, ada satu rumah warga terdapat sembilan sambungan listrik yang mengalir ke rumah lainnya. Jelas hal ini memang sangat berbahaya,” ujar Devi.
Atas inisiatif warga setempat, merekapun bergotonhroyong membuat tiang listrik dari kayu.
“Secara kebetulan ada warga setempat yang bersedia menyumbang kayu. Akhirnya, dengan cara gotongroyong dan dibantu tenaga dari PLN Ngabang, tiang listrik itu berdiri. Saat ini terlihat kabel listrik sudah tertata dengan rapi,” katanya.
Ke depan tiang listrik kayu yang sifatnya sementara tersebut akan disulap dengan membuat tiang listrik dari beton.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini tiang listrik beton itu akan segera dibangun. Apalagi tiang listrik kayu ini hanya bertahan sampai setahun saja. Kebetulan ada juga warga yang bersedia menyumbang semen, besi dan sejumlah material lainnya untuk membuat tiang listrik beton tersebut,” ujar Devi yang juga berdomisili di Gang Bersama.(ius)