Desa-desa di Perbatasan Akan Dipasang Wifi

159
Budi Arnando

eQuator – PutussibauRK. Desa-desa yang berada di kawasan perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu akan dipasang wireless fidelity (Wifi) oleh Pemerintah Pusat melalui Dirjen Aptika, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

“Sistem layanan telekomunikasi antar desa ini tanpa melibatkan pihak penyedia layanan (Provider), karena tidak menggunakan pulsa,” kata Kasi Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi (SKDI) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kapuas Hulu, Budi Arnando, Senin (30/11) di kantornya.

Menurut Budi, program ini tengah digarap. Hanya saja, baru pada tahap survei lokasi pelaksanaan. Sehingga ia pun belum mengetahui persis metode pemanfaatannya. “Nanti kita akan tanya ke kawan-kawan dari Kemenkominfo yang akan datang ke Kapuas Hulu hari ini,” ucapnya.

Salah satu lokasi tujuan program pusat ini di Kecamatan Puring Kencana. Karena,Kecamatan Puring Kencana, satu dari lima kecamatan lini depan perbatasan dengan Negara Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu. Budi yakin, jika semua desa yang ada di Puring Kencana sudah terpasang layanan telekomunikasi akan memperudah dalam penyampaian laporan kegiatan di desa ke kecamatan maupun kabupaten. “Kita berharap tahun depan akan ada lagi program Kemenkominfo RI untuk beberapa kecamatan di Kapuas Hulu yang belum bisa terakses melalui telekomunikasi ini,” harap Budi.

 

Laporan: Andreas

Editor: Arman Hairiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here