Debat Bukan Untuk Menjatuhkan

178
DEBAT PUBLIK. Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau 2015 foto bersama disela pelaksanaan Debat Kandidat . A BDU S YUKRIE -RK

eQuator –  Debat kandidat dalam rangka Pilkada Sekadau 2015, berlangsung meriah dan hangat dengan tema “Kabupaten Sekadau Yang Maju dan Mandiri 2025” di ruang serbaguna DPRD Sekadau, Senin (16/11). Empat pasangan calon Bupati/Wakil Bupati tampil cukup prima dengan moderator , DR Jumadi M Si dari Universitas Tanjungpura.

Dalam debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau, itu sedikitnya ada lima pertanyaan yang diajukan moderator. Sedangkan para kandidat pun melontarkan pertanyaan secara silang kepada para calon lainnya, di bawah elu-elu para pendukung di halaman gedung.

Suana riuh dan sorak sorai dari masing-masing pendukung empat pasang kandidat yang bertarung terdengar menggema dari areal parkir kantor DPRD Sekadau. KPUD Sekadau selaku penyelenggara sengaja membatasi akses pendukung untuk masuk ke dalam ruangan, sehingga tidak mengganggu kelancaran debat yang berlangsung tertib itu. Timses dan pendukung bisa menyaksikan debat secara langsung melalui tayangan  dua buah televisi.

Ratusan pendukung dan Tiimses saling perang yel-yel. Mereka begitu bersemangat mendukung pasangannya yang saling lontar pertanyaan dan menjawab moderator tentang program pembangunan segala bidang.

Debat disaksikan langsung Pj Bupati Sekadau, Drs Moses Hermanus Munsin,MH, Kapolres Sekadau, AKBP Muslikhun SIK, perwakilan Kodim Sanggau. Hadir juga Ketua DPRD Sekadau, Albertus Pinus S Sos MH, Ketua Panwaslu, Marcelinus Oktavianus, Ketua KPUD Sekadau, Gusti Mahmud Buang serta empat Komisioner KPUD Sekadau lainnya. Sejumlah pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Sekadau juga turut hadir.

Akademisi Untan DR Jumadi M Si dipilih menjadi moderator debat cukup piawai menyorongkan pertanyaan. Sedikitnya lima pertanyaan yang diajukan moderator kepada empat pasang kandidat. Sementara masing-masing kandidat juga diberikan kesempatan bertanya kepada kandidat lainnya dengan sistem undi.

Ketua KPUD Sekadau, Gusti Mahmud Buang menegaskan, debat kandidat bukanlah ajang untuk saling menjatuhkan. “Debat ini bertujuan agar masing-masing pasangan calon bisa menelaah permasalahan-permasalahan dan kebutuhan Kabupaten Sekadau kedepan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya,” ucap Buang.

Buang berharap Pilkada bisa berjalan sukses, aman dan lancar. “Tidak ada tingkah laku yang dapat menyebabkan terganggunya proses Pilkada,” katanya.

Pj Bupati Sekadau, Drs Moses Hermanus Munsin MH mengatakan, debat ini merupakan penyampaian visi dan misi pasangan calon. Ia menilai, debat tersebut sangat bermanfaat bagi pemilih. “Ini berguna agar masyarakat paham dan mengetahui apa yang akan dilakukan calon pemimpinnya nanti ketika terpilih kelak,” ucap Munsin.

Ditegaskan Munsin, dalam pemilihan kepala daerah, tidak mungkin semua calon bisa menang. Ini termasuk untuk Pilkada di Sekadau, dimana ada empat calon yang bertarung. Tidak mungkin semuanya bisa menjadi pemenang.

“Dari empat calon, pasti hanya satu calon yang menang. Jadi yang lainnya harus menerima. Tapi walau pun kalah, pasangan tersebut tetap sudah berjasa bagi Kabupaten Sekadau. Paling tidak sudah memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Reporter: Abdu Syukri

Editor: Kiram Akba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here