Citilink Buka Penerbangan Pontianak-Batam

93
DIABADIKAN. Petinggi citilink foto bersama usai menggelar konferensi pers, Kamis (1/12) di Hotel Golden Tulip Pontianak. Gusnadi-RK

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Maskapai Citilink kembali mengembangkan sayapnya. Kamis (1/12), resmi Citilink membuka rute Pontianak-Batam

Area Manager Citilink Sumatera Kalimantan, Raden Hendra Jayasubekti menyatakan, tidak hanya menambah rute saja, pihaknya turut menambah frekuensi penerbangan dari Pontianak. Sebelumnya satu kali sehari menjadi dua kali penerbangan.

“Adanya pembukaan rute baru tersebut menjawab kebutuhan masyarakat yang kian besar dari Pontianak. Selain itu tentu untuk pengembangan bisnis kita,” ujarnya ketika menggelar konfrensi pers, Kamis (1/12) di Hotel Golden Tulip Pontianak .

Rute ini, kata dia, berangkat setiap hari setiap pukul 8.30 dari Bandar Udara Supadio Pontianak menuju Bandara Hang Danim Batam. Sementara dari Batam ke Pontianak berangkat pukul 15.15. Pesawat yang digunakan jenis Airbus A320 180 penumpang.

Penerbangan ini akan terkoneksi dengan penerbangan Citilink lainnya, seperti dari Batam ke Medan. Atau dari Surabaya dan Jakarta ke Pontianak. Market yang hendak disasar Citilink pada rute ini adalah mereka yang memiliki tujuan pelesir, bisnis dan berdagang.

“Pebisnis biasanya akan menuju Medan yang terkoneksi dengan Batam. Sementara pelesir, karena Batam dekat dengan Singapura. Batam juga menjadi kota dagang yang cukup besar,” ungkapnya. Kendati, pesawat yang digunakan berkapasitas besar, ternyata tingkat keterisiannya cukup tinggi.

“Selama ini baru Lion Air yang mengisi rute itu. Apalagi pengembangan rute ini seiring dengan semangat konektivitas antarwilayah yang didengungkan pemerintah,” paparnya.

Hendra mengatakan, seiring meningkatnya jumlah kelas menengah dan semakin mobile masyarakat dewasa ini, maka maskapai berlomba-lomba menjadikan Pontianak sebagai rute incaran. Apalagi Bandara Internasional Supadio, yang merupakan bandara terbesar di Kalbar terus meningkatkan kapasitasnya dalam menampung arus penumpang.

“Ekspansi yang dilakukan Citilink sendiri lumayan tinggi. Saat pertama kali masuk baru satu rute Pontianak-Jakarta dengan frekwensi satu flight per hari. Belakangan Citilink menambah lagi rute Pontianak-Surabaya. Sekarang rute Pontianak-Jakarta dan Pontianak-Surabaya menjadi dua kali sehari dan terbang setiap hari,” paparnya. (agn)