CGM 2016 Diprediksi Lebih Meriah

254
ilustrasi atraksi naga. pixabay

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Pelaksanaan Cap Go Meh (CGM) tahun 2016 di Kota Pontianak diprediksikan lebih meriah dari sebelumnya. Setidaknya telah dipersiapkan 40 stan dengan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan perayaan yang dipusatkan di Jalan Diponegoro, Kecamatan Pontianak Selatan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pontianak, Hilfira Hamid pada CGM nanti akan ada pekan kuliner Tionghoa, pemilihan koko dan meme, festival barongsai, hingga atraksi “naga langit”. “Melalui pekan kuliner Tionghoa, pengunjung akan dimanjakan dengan pusat kuliner tersebut. Masyarakat pun akan dihibur oleh pemilihan koko dan meme, serta atraksi seni dan budaya Tionghoa selama sepekan,” ujarnya, Minggu (14/2).
Menurutnya, terkait festival barongsai akan dimeriahkan pula dari luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Mereka akan ditampilkan pada Kamis (18/2) di kawasan pekan kuliner CGM di Jalan Diponegoro.”Ketiga perwakilan barongsai dari tiga negara tersebut sudah memastikan akan mengikuti festival barongsai Perayaan CGM di Pontianak,” ujarnya.

Selain dimeriahkan oleh festival barongsai, Perayaan CGM di Kota Pontianak juga akan dimeriahkan oleh atraksi reflika “naga langit” sepanjang 100 meter dan berkepala besar. “Kepalanya sebesar sebuah mobil minibus,” tukas Hilfira.
Perayaan CGM di Kota Pontianak, juga akan dimeriahkan oleh atraksi sebanyak 14 naga dari berbagai Yayasan Pemadam Kebakaran, barongsai serta atraksi pawai budaya dari Etnis Tionghoa. “Khusus Perayaan CGM tahun ini, tidak ada pawai nusantara seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi lebih dikhususkan pada pawai budaya dari Etnis Tionghoa,” tukasnya.
Pada Senin malam (22/2) para reflika naga kembali akan menghibur masyarakat Kota Pontianak dan tamu-tamu dari luar dengan “naga bersinar”. Naga-naga ini dihiasi beraneka warna lampu, sehingga akan semakin indah untuk disaksikan. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, pawai naga dan pawai budaya Etnis Tionghoa akan dipusatkan di Jalan Gajahmada dan Tanjungpura atau kawasan pecinan Pontianak,” katanya.
Dengan meriahnya perayaan CGM ini, Hilfira berharap dapat mendongkrak wisatawan, baik lokal, nasional dan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pontianak dan Kalbar pada umumnya. “Kita yakin peluang ini dengan serangkaian pertunjukan serta banyak lagi yang lainnya akan membuat semakin semarak,” demikian Hilfira. (agn)