Bupati Nasir Terima Tanda Kehormatan dari Malaysia

71
UPACARA. Apel Besar HUT ke-55 Gerakan Pramuka di Halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Sabtu (5/11). Andreas-RK.

eQuator.co.id – PutussibauRK. Lantaran kepeduliannya di bidang kepramukaan antarnegara, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mendapat Anugrah Ketua Pesuruhjaya Pengkap Negeri Sabah, tanda kehormatan dari Kerajaan Malaysia.

“Penghargaan itu memang layak diberikan kepada Bupati Nasir, karena keaktifannya mendorong Gerakan Pramuka pada setiap kesempatan, baik skala regional, nasional maupun internasional,” kata H Suriyadi MS, Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Indonesia, saat menghadiri Perkemahan HUT ke-55 Pramuka di Putussibau, Sabtu (5/11).

Pesuruhjaya Pesuruhjaya Pengkap Diraja Malaysia menyematkan kehormatan tersebut, lantaran Bupati Nasir dipandang berjasa dalam mengembangkan serta membina Pramuka Persaudaraan antara Indonesia-Malaysia.

Suriyadi menjelaskan, pemberian anugerah tersebut juga berkaitan dengan kerjasama bidang Pramuka antara Indonesia-Malaysia yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik. Apalagi dengan adanya Sosek Malindo, selain itu juga Pramuka dan Pengakab adalah bersaudara.

“Dalam kegiatan skala regional, nasional dan internasional, Kapuas Hulu tidak pernah lepas dari keikutsertaannya, ini merupakan komitmen dari beliau (AM Nasir) sebagai bupati dan ini diapresiasi oleh pramuka luar negeri,” papar Suriyadi.

Ia berharap, penghargaan dari jiran tersebut dapat memotivasi Bupati Nasir untuk lebih giat lagi memberikan dukungan, baik moral, meteril dan finansial sesuai dengan kapasitasnya sebagai bupati, agar pramuka di Kapuas Hulu lebih berkembang lagi.

Dalama kesempatan yang sama, Bupati Nasir mengungkapkan, sangat berterimakasih atas penghargaan yang diberikan Pengakab Negara Malaysia kepadanya. “Kami berharap ke depan Pramuka di Kapuas Hulu akan tetap berjaya dan terus berinovasi serta berkreasi,” ujarnya.

Nasir berjanji, sesuai kemampuan daerah, maka segala kegiatan Pramuka akan terus didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu. Agar Pramuka di kabupaten paling ujung timur Kalbar ini bisa mengharumkan nama Bumi Uncak Kapuas.

“Dampak postif dari Pramuka ini, memberikan kegiatan positif bagi para pemuda kita. Sehingga mereka terhindar dari pergaulan negatif seperti penyalahgunaan Narkoba dan lainnya,” tutup Nasir. (dRe)