Bukit Sebedang Terbakar

26
DAMKAR. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) berusaha memadamkan api yang membakar Bukit Sebedang, Kamis (16/3). SAIRI

eQuator.co.idSambas-RK. Api menghanguskan lahan kosong di Bukit Sebedang, Sebawi. Kebakaran baru diketahui sekitar pukul 11.30. Lokasi yang jauh dari sumber air membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan.

“Lokasinya yang jauh dari pusat air, membuat petugas belum bisa memadamkan api. Lokasi yang berbukit juga menjadi kendala. Mobil tangki hanya bisa sampai di sekitar 300

meter dari titik lokasi kebakaran,” kata Yakob Pujana, Sekertarias Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Sambas, Kamis (16/3).

Memadamkan api, diturunkan dua pemadam kebakaran, BPK Swasta Sambas dan Sera BPK Bhakti Mulya Kecamatan Tebas. Api yang menyebar di beberapa titik. “Kita melakukan penyambungan selang hingga 30 gulung, agar air bisa menyemprot titik api,” ungkap Yakob.

Diprediksi, api menghanguskan tiga hektar lahan. Titik api terpencar, membuat petugas kesulitan memadamkannya. “Memasuki musim kering, daerah sini sudah beberapa kali terbakar,” jelas Yakob.

Yakob yang juga anggota DPRD Sambas ini mengimbau masyarakat, selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi warga yang tinggal di daerah rawan kebakaran lahan dan hutan.

“Kami harapkan Pemkab Sambas menambah peralatan untuk memadamkan api. Peralatan yang kita miliki sekarang jumlahnya masih kurang,” ujarnya. (sai)

 

Facebook Comments