Buah Palsu Dikira Asli

34
HOAX

eQuator.co.id – KARYA unik seniman luar negeri sering kali menjadi bahan informasi yang keliru. Misalnya buah loofah palsu berbentuk payudara perempuan karya seniman instalasi asal Vietnam Nguyen Thi Hoai Tho. Sejumlah blog dan situs berita menganggapnya sebagai buah alami.

Sebuah situs berita di tanah air bahkan memasukkan buah tersebut dalam tulisannya yang berjudul 7 Tumbuhan Ini Memang Mirip Organ Vital Manusia, Jangan Ngeres!. Satu di antara tujuh tumbuhan itu ternyata buah loofah palsu karya Hoai Tho.

Loofah palsu itu memang dibuat mirip payudara. Hoai Tho memang ingin menyampaikan pesan tentang feminitas. Buah loofah tersebut dibuat dengan silikon dan komposit. Hoai Tho sering membawa karyanya itu untuk pameran di sejumlah negara. Termasuk pernah dipamerkan di Singapore Art Museum.

Dari referensi sejumlah situs pertanian, tak ada yang menyebutkan adanya buah loofah yang berbentuk payudara seperti karya Hoai Tho. Buah loofah sering disebut luffa. Di Indonesia, biasa dikenal sebagai gambas atau oyong. Buah itu bisa dimasak sebagai sayuran. Juga bisa digunakan sebagai sabut pencuci piring. (Jawa Pos/JPG)