BPJS Kesehatan Tanggung Semua Biaya Pengobatan

Bantah Isu yang Beredar di Masyarakat

12

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Kabar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak mau lagi menanggung biaya pengobatan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, sirois, leukimia, hemofillia dan jantung menyebar luas di masyarakat.

Ternyata kabar itu tidak benar. PTM yang diderita pasien masih ditanggung BPJS Kesehatan. Hingga pasien sehat wal alfiat. Kabar burung ini meresahkan masyarakat Indonesia termasuk di Kalbar.

“Informasi itu tidak benar. Semua penyakit tetap dijamin oleh program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS),” tegas Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah  Banten, Kalbar dan Lampung, Benjamin Saut kepada koran ini, Ahad lalu.

Informasi yang cepat beredar di masyarakat itu cukup membuat BPJS kelimpungan. Benjamin menyampaikan, sebaiknya masyarakat mencari kebenaran atau informasi di situs resmi BPJS Kesehatan.

“Kami sudah menyampaikan kepada semua stakeholder. Bahkan sudah melakukan konferensi pers. Berita ini viral, tapi kami juga memviralkan bahwa itu berita bohong,” ucapnya.

Oleh karena itu, Benjamin berharap, masyarakat tidak langsung percaya dengan berita-berita yang tidak jelas. “Informasi itu adalah hoaks. Semua penyakit tetap kami layani. Semua warga negara berhak mendapat jaminan ini,” lugasnya.

Laporan: Deska Irnansyafara

Editor: Ocsya Ade CP