BPJS Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Guru

25 November 2016

118
ilustrasi : internet

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. BPJS Kabupaten Kubu Raya akan menggelar pelayanan pemeriksaan hingga penanganan kesehatan secara gratis terhadap seluruh guru swasta maupun negeri di seantero Kabupaten Kubu Raya, Jumat (25/11) mendatang. Hal tersebut guna memperingati Hari Guru pada 25 November 2016.

Kepala Operasi Pelayanan BPJS Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Linda Indrawati mengatakan, BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan melaksanakan pelayanan promotif dan preventif sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, Pasal 21, pelayanan promotif dan preventif yang dilakukan BPJS Kesehatan.

“Bertepatan dengan peringatan Hari Guru ini, seluruh guru dapat langsung melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker pada perempuan dengan datang langsung ke puskesmas terdekat. Dengan membawa kartu BPJS Kesehatan,” ujarnya, Selasa (22/11).

Ada pun program dari BPJS Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang terdiri dari penyuluhan langsung, penyuluhan melalui mobil keliling dan media informasi lainnya.

“Pelaksanaannya bisa pemantauan kesehatan melalui pemeriksaan penunjang, home visit, mentoring spesialis dan pelatihan FKTP dan prolanis,” paparnya.

Linda menjelaskan, pelaksanaan pemeriksaan merupakan program promotif dan preventif spesifik daerah. Sebagai apresiasi sebagai salah satu unsur yang berperan besar dalam peningkatan kualitas bangsa dan memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November 2016. Khususnya terhadap guru serta istri guru yang bertugas di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Memberikan apresiasi terhadap guru dan istri guru dalam bentuk pelayanan kesehatan. Berupa deteksi dini kanker serviks, meningkatkan kualitas kesehatan guru dan istri guru serta mencegah atau mendeteksi dini kanker serviks,” tuturnya.

Tujuannya, Linda menambahkan, supaya penyakit tersebut tidak berkembang semakin parah sekaligus menurunkan angka kejadian kanker serviks. “Seluruh pembiayaan deteksi dini kanker serviks dijamin BPJS Kesehatan,” ulasnya. (sul)