Blog Provokatif Pelintir Pernyataan Wapres

10
HOAX

eQuator.co.id – BLOG-BLOG penyebar hoax yang dibuat menyerupai brand sebuah portal berita bak pepatah mati satu tumbuh seribu. Setelah beberapa blog menutup diri atau diblokir pemerintah, kini hadir blog dengan nama CNNSumatera.blogspot.com. Logo dan web icon-nya dibuat menyerupai CNN.

Blog itu juga doyan menyebarkan hoax. Modusnya, membuat judul berita clickbait bernada provokatif. Judulnya ngawur, isinya copy paste dari portal berita mainstream. Salah satu hoax buatan CNNSumatera yang sangat provokatif berjudul Jusuf Kalla: Pemerintah Secepatnya Harus Usir Pekerja China karena Sangat Merugikan Tenaga Kerja Lokal. Namun, artikel di dalamnya berisi berita tentang pernyataan Jusuf Kalla (JK) setelah menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu Yandong di Jakarta Senin lalu (27/11).

Artikel di CNNSumatera itu sebenarnya mencomot berita dari Rakyat Merdeka Online atau RMOL (Jawa Pos Group). Judulnya JK Akui Arus Pekerja China Rugikan Tenaga Kerja Lokal. Mayoritas isi artikel CNNSumatera dan RMOL persis. Bedanya hanya terletak pada lead atau paragraf pertama.

Di paragraf pertama, CNNSumatera menuliskan narasi bahwa Wapres Jusuf Kalla meminta Tiongkok tidak lagi membawa tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk dipekerjakan di proyek-proyek investasi mereka. Narasi itu juga menyelipkan pengusiran.

Sedangkan paragraf pertama RMOL menuliskan permintaan Wapres Jusuf Kalla agar Tiongkok tidak lagi membawa tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk dipekerjakan pada proyek-proyek investasi mereka di Indonesia. Tidak ada ancaman apa pun di dalamnya. Selain paragraf pertama dan judul, artikel di dua portal itu sama persis.

Berita yang ditulis RMOL sama dengan artikel-artikel di portal berita mainstream lain. Intinya, JK meminta pemerintah Tiongkok tidak membawa ribuan pekerja ketika melakukan investasi ke Indonesia. Solusinya, tenaga kerja Indonesia harus dimanfaatkan oleh perusahaan Tiongkok yang melakukan investasi. Para tenaga kerja Indonesia diberi pelatihan dulu agar memiliki standar kinerja seperti tenaga kerja asing dari Tiongkok.

JK berharap solusi itu bisa diterapkan pemerintah Tiongkok dalam melaksanakan proyek-proyek investasi selanjutnya. ”Harus dilatih dulu. Bisa dilatih di Indonesia, bisa dilatih di Tiongkok,” ujar JK seperti dikutip dari RMOL.

Sayang, artikel pelintiran yang dibuat CNNSumatera sudah menyebar lewat Facebook dan kembali disebar. Salah satu penyebarnya ialah fan page bernama Mau Tahu?. Alamatnya facebook.com/mautau.oke. Sepertinya fan page yang telah disukai ribuan facebookers itu berafiliasi dengan blog CNNSumatera. Sebab, banyak link yang berasal dari CNNSumatera yang dia disebarkan.

Seperti halnya dengan blog-blog penyebar hoax yang bermodal artikel copy paste, CNNSumatera juga mencari uang dengan menjadi publisher iklan. Blog itu menjadi publisher dari adnow dan payclick. Yang dipilih iklan-iklan dewasa. Jadi, ketika kelak Anda mendapatkan link blog CNNSumatera, jangan sekali-kali dibuka. Apalagi jika di sekitar Anda ada anak-anak. (Jawa Pos/JPG)

 

FAKTA: Wapres JK tidak pernah menyerukan pengusiran tenaga kerja asal Tiongkok. Yang pernah, JK meminta Tiongkok menggunakan tenaga kerja Indonesia untuk proyek-proyek investasi mereka di negeri ini.