Bidan Dituntut Gencar Sosialisasikan Tabulin

708
ilustrasi. net

eQuator – Sintang-RK. Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meminta bidan-bidan di kecamatan dan desa untuk aktif mensosialisasikan dan mengajak warga untuk ikut program Tabungan Ibu Hamil (Tabulin).
“Tabungan ini bersifat sosial. Ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah,” kata Darmadi, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Sintang saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/12).

ibu-hamil-dan-bayi-resti-4-638Menurut Darmadi, program Tabulin sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. “Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukung program tersebut karena penggalangan dana tabungan dilakukan melalui pola sukarela,” jelasnya.
Tabungan ini, tambah dia, sifatnya insidental. Sebab, dimulai saat awal kehamilan dan berakhir ketika ibu sudah melahirkan. “Saya rasa tabungan ini akan sangat membantu, terutama bagi ibu hamil dan keluarganya pada saat menghadapi persalinan, karena masalah biaya dapat diatasi,” papar Darmadi.
Dia mengatakan, Tabulin ini sudahberjalan. Bahkan ebberapa kecamatan sudah menjalankannya. Di antaranya Senaning, Tebelian dan Sintang. “Harapan kita, semua kecamatan dapat menjalankan program Tabulin ini. Jadi tidak hanya tiga kecamatan saja,” jelas Darmadi.
Berdasarkan data yang masuk, kata Darmadi, program Tabulin ini direspon sangat baik oleh masayarakat. Antusias masyarakat cukup tinggi. “Kalau kita liat di Tebelian, Senaning dan Sintang itu cukup tinggi masyarakat yang ikut Tabulin, lebih dari 40 persen,” ungkapnya.
Selain membantu biaya persalinan ibu hamil, jelas Darmadi, Tabulin juga efektif untuk m enurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama ibu hamil.
“Tugas kita saat ini hanya perlu fokus untuk memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung sebagai persiapan persalinan. Sehingga saat melahirkan, tidak mengalami kesulitan biaya persalinan karena sudah ada dana tabungan,” kata Darmadi. (Adx)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here