Bibit Sepakbola Sanggau Wakili Kalbar ke Ciracas

Kalau Juara Nasional, Berlaga di Perancis

562
TALENTA. Skuad tim U-12 Sanggau yang mewakili Kalbar ke tingkat nasional dalam ajang Aqua Danone Nations Cup berfoto bersama pelatih-pelatihnya, belum lama ini. PSSI Sanggau for Rakyat Kalbar

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Atlet muda Kabupaten Sanggau menorehkan prestasi. Tim sepakbola U-12 daerah berjuluk Bumi Daranante itu lolos pra kualifikasi ajang Aqua Danone Nations Cup. Artinya, mereka memastikan satu tiket mewakili Kalbar ke tingkat nasional.

“Kuota dari panitia itu dua, ternyata direngkuh Kabupaten Sanggau dan Kota Pontianak. Pra kualifikasi  berlangsung di Sambas pada 6-7 Februari 2016 yang diikuti 18 tim se-Kalbar,” kata Jafridin Anwar, pelatih tim U-12 Kabupaten Sanggau, kepada wartawan, Kamis (11/2).

Di babak kualifikasi, tim U-12 Sanggau berhasil mengalahkan tim U-12 Singkawang, Bengkayang, dan Sambas. “Yang berat itu mengalahkan tim U-12 Sambas. Jadi masing-masing juara grup diadu dan alhamdulillah, Sanggau lolos,” ujarnya.

Rencananya, hari ini (12/2), 14 skuad tim U-12 Sanggau akan bertolak ke Jakarta sebab pertandingan tingkat nasional sudah dekat. Digelar pada 13-14 Februari 2016 di Stadion Ciracas. “Setelah tiba kita langsung screening,” imbuh dia.

Mengingat mereka akan bertemu dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia, Jafridin mengaku tak memasang target muluk-muluk, meski tetap optimis. “Yang berat pasti dari Jawa, karena lima tahun terakhir ini Jawa yang mewakili. Makanya saya sering ngomong tak usah terlalu membebani harus juara. Yang penting bermain dengan baik,” ungkapnya.

Bagi komunitas penggila bola di Sanggau, pencapaian ini merupakan sejarah baru. Belum pernah sekalipun tim sepakbola Sanggau dari tingkat apapun yang bisa tembus ke level nasional. Padahal, kata Jafridin, persiapan menghadapi even tersebut hanya setahun.

“Itu termasuk cepat. Di tempat lain ada yang sampai tiga tahun. Awalnya kita kirim brosur ke sekolah-sekolah, setelah itu gelar seleksi massal, kita pilih perkelompok umur. Yang terjaring itu kita latih,” paparnya.

Ia mengaku keberhasilan tersebut tak terlepas dari peran semua pihak, Pemda maupun KONI Sanggau. Tim manapun yang lolos nanti di tingkat nasional akan dikirim mewakili Indonesia bertanding di Prancis. “Kalau tahun 2015 tandingnya di Maroko,” pungkas Jafridin.

Ketua KONI Sanggau, Abdul Muthalib, menyatakan rasa bangganya atas prestasi tersebut. Ia menilai PSSI Sanggau sudah mengalami kemajuan sangat pesat. “Mereka ini calon-calon pemain sepakbola akan datang. Artinya juga, sepakbola Kabupaten Sanggau sudah mulai disegani di Kalbar,” ucapnya.

Ia berharap Akademi Sepakbola Sanggau (ASS) terus mencetak pemain-pemain berbakat yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Sanggau kedepan. Abdul Muthalib mengaku tak mementingkan kalah atau menang dalam pertandingan di tingkat nasional nanti. Baginya, bisa mencapai tingkat nasional sudah cukup membanggakan.

“Ini menunjukkan Sanggau sudah bisa bicara di Nasional. Seumur hidup baru kali ini, kita sebagai orang Sanggau tentu sangat senang,” ujarnya.

Dia pun berjanji akan memberikan reward bagi skuad tim U-12 yang membanggakan itu. “Perhatian untuk berprestasi tentu ada, akan kita pikirkan hal itu. Pasti ada, cuma berapa besarannya belum bisa kita pastikan. Itu untuk penyemangat mereka,” tutup Abdul Muthalib.

Laporan: Kiram Akbar