Berita Palsu Rizieq Meninggal

29
HOAX

eQuator.co.id – TIDAK suka dengan Habib Rizieq Shihab (HRS)? Itu terserah. Tapi, membuat informasi bohong bahwa orang tersebut telah meninggal dunia tentu merupakan tindakan jahat. Isu itulah yang terus diembuskan pihak-pihak yang tidak suka dengan Rizieq. Termasuk akun buzzer seperti soemberwaras.

Akun Instagram itu memang doyan menyebarkan hoax. Modusnya membuat screenshot berita asli dari situs berita mainstream, kemudian diedit sedemikian rupa menjadi fitnah dengan judul bombastis. Yang diserang akun tersebut selalu pihak-pihak yang tidak dalam koalisi pemerintahan saat ini.

Kamis malam (1/2) akun itu mem-posting seolah-olah sebuah berita. Ada gambar jenazah dengan wajah mirip Rizieq. Lalu, ada tulisan seperti judul berita, ”HRS Meninggal Dunia. Pengacara: Sedang Dikonfirmasi Kebenarannya”.

Juru Bicara Front Pembela Islam, organisasi yang dipimpin Rizieq, Slamet Maarif membantah kabar tersebut. ”Seribu persen itu hoax. Sudah kehabisan akun dia (akun soemberwaras, Red),” kata Slamet. Berdasar penelusuran yang dilakukan Jawa Pos, ternyata foto jenazah tersebut editan. Foto serupa dengan wajah jenazah perempuan yang sedang tersenyum bertebaran di mana-mana. Rata-rata digunakan sebagai ilustrasi kisah-kisah kematian perempuan salihah.

Di situs berbahasa Lasgidilife.blogspot.co.id, foto itu juga muncul sebagai bagian dari kisah nyata berjudul ”Death on Her Wedding Night”. Tulisan tersebut megisahkan seorang perempuan yang hendak menjalani prosesi pernikahan, tapi memilih mendahulukan salat Isya meski para tamu sudah menunggu. Ketika sujud, perempuan itu tidak bangun lagi. Wajahnya tetap tersenyum meski sudah dalam balutan kain kafan. Peristiwa yang terjadi di Abha, ibu kota Asir (salah satu provinsi di Arab Saudi), tersebut dikisahkan Syekh Abdul Mohsen Al Ahmad.

Berita palsu soal kematian Rizieq juga pernah disebarkan blog yang mendulang uang dengan menjadi afiliasi situs judi. Yakni, antaracerita00.blogspot.co.id. Pada Mei 2017 blog abal-abal itu pernah membuat tulisan dengan judul ”Geger! Ketua FPI Habib Rizieq Meninggal Dunia”. Ah…pembuat kabar bohong seperti itu sepertinya harus dimatikan sandang pangannya. (Jawa Pos/JPG)

 

Fakta: Foto Rizieq Shihab dalam balutan kain kafan hanyalah hasil olah digital. Foto aslinya adalah perempuan yang meninggal dengan wajah tersenyum, dan kini banyak digunakan sebagai ilustrasi tentang kematian perempuan salihah.