Bangunan SD Negeri 03 Terentang Memprihatinkan

36
Sekolah Rusak. Anggota Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, H Ujang Sukandar, SP, MM meninjau langsung kondisi bangunan SD Negeri 03, Dusun Karya Tani, Desa Terentang Hilir, Kecamatan Terentang yang kondisinya memprihatinkan. Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Kubu Raya-RK. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya perlu memberikan perhatian serius terhadap keberadaan bangunan sekolah yang sudah tidak layak. Seperti bangunan SD Negeri 03, Dusun Karya Tani, Desa Terentang Hilir, Kecamatan Terentang yang kondisinya memprihatinkan.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, H Ujang Sukandar, SP, MM mengharapkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya agar memperhatikan kondisi bangunan sekolah yang sudah tak layak. Seperti halnya bangunan SD Negeri 03, Dusun Karya Tani, Desa Terentang Hilir, Kecamatan Terentang.

“Beberapa hari lalu, kami dari Komisi V DPRD Provinsi Kalbar mengunjungi lokasi SD Negeri 03, Dusun Karya Tani, Desa Terentang Hilir, Kecamatan Terentang yang kondisinya sangat memprihatinkan. Mulai dari lantai teras maupun ruangan lokal kelas mengalami rusak parah,” ungkap H Ujang Sukandar, SP, MM, Jumat (26/1).

Melihat kondisi kerusakan bangunan SD Negeri 03 tersebut, wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Kubu Raya-Kabupaten Mempawah ini berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya. Untuk segera memberikan perhatian serius, sehingga tidak sampai memakan korban jiwa.

“Mungkin bukan hanya bangunan sekolah yang di Kecamatan Terentang saja yang kondisinya seperti itu. Bisa jadi di daerah lain juga ada yang mengalami hal yang sama,” ujar legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara itu, Camat Terentang, Sarino mengatakan, laporan tersebut sudah sering disampaikan ke Kantor Camat Terentang. Bahkan, pihaknya sudah meneruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya untuk melihat langsung bangunan sekolah yang mengalami kerusakan tersebut. Secara kasat mata jika dilihat dari jauh bangunan SD Negeri 03 masih terlihat bagus. Namun setelah dilihat di dalamnya banyak yang sudah mengalami kerusakan.

“Memang sekolah itu butuh direhab. Karena lantainya sudah banyak yang bolong, baik teras maupun di ruangan kelas,” ujar Sarino.

Setelah laporan tersebut disampaikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Sarino menambahkan, pihak dinas langsung menanggapi. Bahkan, berjanji dalam waktu dekat akan melihat langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi bangunan sekolah.

“Kami memang berharap pihak dinas memperhatikan sekolah tersebut agar segera diperbaiki atau dilakukan rehab pada bagian yang rusak,” harapnya.

Reporter: Syamsul Arifin

Redaktur: Andry Soe