Bangun Jalan 2,7 Km plus Dua Gedung PAUD

Pemerintah Desa Mungguk, Contoh Pemanfaatan DD dan ADD yang Baik di Kalbar

34
RABAT BETON. Salah satu akses jalan rabat beton yang dibangun pemerintah Desa Mungguk tahun 2017 lalu. Abdu Syukri

Abdu Syukri, Sekadau

eQuator.co.id – Teks line “Membangun Indonesia dari Pinggiran” benar-benar dijalankan jajaran pemerintah Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir. Buktinya adalah banyak pembangunan yang mereka lakukan sepanjang tahun 2017.

“Salah satu yang menjadi fokus kita tahun lalu adalah membangun infrastruktur jalan,” ujar Agustami, Kepala Desa Mungguk, kepada Rakyat Kalbar, kemarin (5/1).

Pembangunan infrastruktur jalan yang dimaksud Agustami itu adalah pembangunan infrastruktur jalan desa. Jalan desa yang dibangun itu merupakan jalan gang serta jalan penghubung antar-RT dengan pondasi rabat beton.

Menurut Agustami, sepanjang 2017, pihaknya melakukan pembangunan 16 paket jalan desa. “Jalan itu kita sebar di beberapa RT yang ada di Desa Mungguk. Total panjangnya 2.700 meter atau 2,7 KM,” bebernya.

Prinsip pembangunan jalan itu dengan sistem swakelola. Dana pembangunan jalan diserahkan ke masyarakat melalui Ketua RT untuk melakukan pengontrolan. Nantinya masyarakat yang akan mengerjakan.

“Jadi kita berdayakan masyarakat setempat, ini penting agar masyarakat bisa merasa memiliki jalan tersebut,” tegas Agustami.

Dana pembangunan jalan itu, lanjut dia, dibiayai seluruhnya melalui keuangan desa yang didapat dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa. Tahun 2017, Desa Mungguk mendapatkan ADD sebesar Rp800 juta dan DD sebesar Rp550 juta.

Selain untuk membangun jalan, dana itu juga digunakan untuk membangun gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ada dua unit gedung PAUD yang dibangun pemerintah Desa Mungguk pada tahun lalu.

“Ada juga untuk kegiatan lain, seperti sosialisasi dan pembinaan. Ada juga alokasi untuk kegiatan pemberdayaan dan PKK,” paparnya.

Desa Mungguk merupakan salah satu desa yang menjadi pusat Kabupaten Sekadau. Desa ini memiliki 23 RT yang dibagi dalam 16 RW.

Untuk tahun depan, Pemerintah Desa Mungguk tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan. Hal ini dilakukan mengingat masih ada jalan akses warga yang belum terbangun.

“Jadi bertahap lah. Yang jelas, kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan desa yang kita miliki,” pungkas Agustami.

Jalan satu jalan desa yang dibangun pemerintah Desa Mungguk tahun 2017 lalu adalah jalan akses Gang Sahabat di RT 16, RW 04, Desa Mungguk. Jalan dengan lebar sekitar 1,5 meter itu memiliki panjang lebih dari 100 meter. Pembangunan jalan itu pun mendapat apresiasi warga setempat. Salah satunya disampaikan Iskandar.

“Kita bersyukur jalan kita sudah dibangun,” kata Iskandar saat dimintai tanggapannya, kemarin.

Menurut dia, dengan dibangunan jalan itu, akses menuju rumahnya lebih nyaman. “Dulu becek kalau hujan. Sekarang mau hujan, tak khawatir lagi,” aku Iskandar. (*)