Awas, Penipuan Penerimaan Kerja yang Diurus Travel

24
HOAX

eQuator.co.id – PENIPUAN dengan modus lowongan kerja kembali menyerang perusahaan-perusahaan pelat merah atau BUMN. Kali ini nama PT Pindad yang dicatut. Baru-baru ini tersebar informasi bahwa ada rekrutmen karyawan PT Pindad untuk wilayah kerja Sulawesi dan Jawa.

Berikut narasi hoax tersebut. ”Sehubungan dengan rekrutmen calon karyawan pada pt pindad untuk wilayah kerja meliputi Region Sulawesi dan jawa yang dilaksakan di Departemen of Human Resource yang bertujuan untuk menentukan individu yang tepat dan berkualitas”.

Pada poin kedua disebutkan, untuk efisiensi, efektivitas dan meminimalisasi segala masalah, proses rekrutmen dikerjasamakan dengan ”Nusantara Tour & Travel”. Biro travel itu bertugas melakukan reservasi tiket transportasi seluruh calon peserta, menjemput, dan mengantar peserta seleksi dari bandara ke hotel atau tempat pelaksanaan kegiatan. Tugas lainnya adalah menyiapkan tempat inap sementara dan mengantar peserta ke bandara setelah mengikuti seleksi.

Modus seperti ini pernah dibongkar Jawa Pos ketika terjadi penipuan lowongan pekerjaan untuk Bandara Kulon Progo dan Sumenep. Saat itu, Jawa Pos mengirim curriculum vitae via e-mail. Setelah koran ini mengirim e-mail beberapa hari, kemudian si penipu membalas. Dia mengirimkan pemberitahuan seolah-olah koran ini lolos seleksi. Selanjutnya, diminta menghubungi travel yang disebut bekerja sama dengan Angkasa Pura untuk rekrutmen pegawai bandara di Sumenep.

Travel itu menyebut perincian biaya yang harus dibayar oleh calon pelamar. Agar meyakinkan, biaya-biaya itu disebut akan diganti oleh Angkasa Pura ketika calon pelamar sampai di tempat tes. Dari hasil koordinasi dengan Cyber Crime Polda Jatim, ternyata posisi penipu berada di sebuah kota di Sulawesi.

Lowongan PT Pindad di atas dipastikan juga hoax. Sebab, PT Pindad telah mengonfirmasi di sejumlah akun media sosialnya. Misalnya, di akun Instagram. PT Pindad meminta masyarakat mewaspadai rekrutmen yang mengatasnamakan perusahaan tersebut.

”Pindad saat ini tidak melakukan rekrutmen dan tidak pernah meminta sejumlah uang dalam prosesnya. Info rekrutmen resmi hanya melalui website resmi perusahaan,” tulis admin Instagram PT Pindad (@pt_pindad). Kira-kira si penipu ini kalau tertangkap perlu diserempet peluru bikinan Pindad ya?

Jawa Pos juga menerima beberapa pertanyaan mengenai lowongan pekerjaan dari PT KAI. Banyak yang mengira lowongan tersebut juga hoax. Tapi, ternyata lowongan itu benar. Memang ada di situs resmi PT KAI. Lowongan tersebut ditujukan untuk formasi polisi khusus kereta api atau polsuska. (Jawa Pos/JPG)

FAKTA: Lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Pindad hanyalah penipuan. Penipuan itu menggunakan modus travel yang seolah bekerja sama dengan PT Pindad dalam menangani proses seleksi.