Awas! Kebiasaan Ini Bisa Cepat Merusak Tulang Anda

93
Ilustrasi.NET

eQuator – TANPA sadar kita mungkin sering kali melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh. Apabila hal itu dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal, terlebih bila berkaitan dengan tulang.

Anda telah meminum susu, mengonsumsi berbagai makan sumber kalsium dan melakukan olahraga, tapi mengapa masih mendapati masalah pada tulang.

“Sementara tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi, ada pilihan gaya hidup tertentu yang bisa mempercepat kehilangan tulang dan otot kerusakan,” kata peneliti Dr. Anil Arora, seperti dilansir laman India Times, belum lama ini.

Berikut ini kebiasaan umum yang merusak kesehatan tulang Anda:

  1. Penyalahgunaan alkohol

Minuman alkohol sesekali tidak apa-apa, tapi secara konsisten minum lebih dari satu botol alkohol per minggu bisa menyebabkan hilangnya 2 persen dari massa tulang Anda dari waktu ke waktu satu dalam setahun. Alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D, yang keduanya diperlukan untuk pembentukan tulang.

  1. Rokok

Bahan dalam asap rokok mengganggu siklus alami dari kesehatan tulang. Merokok menghalangi pembentukan tulang baru yang sehat dan juga menyebabkan jaringan tulang yang ada untuk memecah lebih cepat. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan rapuh.

  1. Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya latihan fisik melemahkan otot-otot kita dan mengekspos mereka untuk luka fisik. Untuk mempromosikan kesehatan tulang jumlah yang disarankan latihan adalah 30 menit latihan beban, lima hari seminggu.

  1. Kekurangan Vitamin D dan kalsium

Defisiensi vitamin D bisa mengakibatkan hilangnya tulang.

  1. Minum terlalu banyak kafein

Konsumsi kafein berlebihan dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih rendah. Kafein menyebabkan ginjal untuk mengeluarkan kalsium dari tubuh Anda, menurunkan jumlah kalsium yang tersedia untuk tulang untuk membangun kembali.

  1. Soda

Asam fosfat dalam soda memaksa kalsium keluar dari tubuh dan telah dikaitkan dengan menurunkan kepadatan tulang pada mereka yang minum tiga atau lebih soda sehari. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here