Atasi Masalah LGBT Mulai dari Rumah

Orangtua Harus Terbuka

190
Ilustrasi NET

eQuator.co.id – SEKUPANG (BP) – Meningkatnya angka Lesbian, Guy, Biseksual, dan Trangender (LGBT) di berbagai kalangan, terutama di kalangan anak usia muda membuat warga Batam resah. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Batam, Nurmadiah mengatakan peran orangtua sangat penting dalam pembentukan karakteristik dan pengetahuan seksual anak.

“Semua berawal dari rumah,” kata dia, Jumat (4/3).

Peran orangtua sangat menentukan nasib anak kedepannya. Mereka memiliki andil dan tanggungjawab yang besar terhadap anak mereka.

Menurut dia, saat ini terjadi kerenggangan hubungan antara orangtua dan anak. Hal ini membuat anak mencari sesuatu yang dia butuhkan dari luar rumah.

“Mereka mencari-cari melalui teman bahkan media internet. Padahal itu belum tentu benar. Orangtu harus terbuka,” ujarnya.

Kebudayaan Indonesia yang masih kental merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya informasi kepada anak.

“Misalnya saja orangtua sekarang masih ragu untuk memberikan pendidikan dan informasi mengenai seks kepada anak. Karena mereka menganggap masih tabu,” ucapnya.

Untuk menghindarkan dan menyelamatkan anak dari segala macam bentuk penyimpangan tersebut. Orangtua harus lebih mendekatkan diri kepada anak, berikan yang mereka butuhkan berdasarkan umur mereka.

“Sampaikan dan kemaslah dengan baik apa yang akan disampaikan. Jadikan orangtua sebagai tempat bertanya segala hal yang mereka inginkan,” sebutnya.(cr17)